Fenomena Kevin Cordon di Tokyo: Pebulutangkis Guatemala Didikan Pelatih Indonesia

  • Arry
  • 3 Agt 2021 06:21
Kevin Cordon Pebulutangkis Asal Guatemala(bwf official/olympicscom)

Campur Tangan Pelatih Indonesia

Keberhasilan Kevin Cordon melaju ke semifinal Olimpiade Tokyo ini, ada peran pelatih asal Indonesia.

Ya, Kevin Cordon ternyata dilatih Muamar Qadafi, pelatih asal Solo. Hal ini diungkapkan Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PP PBSI Bambang Roedyanto. "Kevin Cordon menjadi pemain pertama dari PanAm Continental ke Quarterfinal. dia dilatih pelatih dari Indonesia. Kalau tidak salah namanya Khadafi," tulis pria yang akrab disapa Koh Rudy.

Beberapa pengamat bulutangkis Tanah Air mengutarakan bahwa sosok pelatih Cordon sebenarnya bernama Muamar Qadafi, seorang pelatih asal Solo. Meski begitu, di situs resmi Olympics, tertera nama pelatih Kevin Cordon adalah Jose Maria Solis yang sesama berasal dari Guatemala dan sudah menukanginya sejak 2004.

Berdasarkan situs Archy Sport, Solis bekerja dengan Qadafi sedari 2017 untuk melatih Kevin Cordon dan juga Nikte Sotomayor, pemain tunggal putri Guatemala. Keduanya merupakan wakil-wakil Guatemala di cabang bulutangkis dari total 22 atlet yang dikirim negara tersebut ke Tokyo 2020.

Lalu bagaimana perjalanan karier Muamar Qadafi hingga bisa melatih di Guatemala?

Dikutip dari situs Today in 24, Muamar Qadafi merupakan mantan pemain PB Djarum. Setelah kariernya sebagai pemain selesai, ia menjadi asisten teknis untuk tim lokal di Indonesia pada tahun 2000.

Perjalanan Qadafi sebagai pelatih di luar Indonesia dimulai pada tahun 2005. Qadafi melakukan lompatan besar dengan melatih tim bulutangkis Peru.

Berselang empat tahun kemudian, Qadafi menerima tawaran melatih tim bulutangkis Guatemala. Namun, sebelum ke Guatemala, ia pernah melatih tim bulutangkis lokal di Ekuador.

Kemudian di tahun 2017 Qadafi bekerjasama dengan Jose Maria Solis untuk melatih Kevin Cordon dan Nikte Sotomayor, pemain tunggal putri Guatemala.

Berkat tangan dinginnya, kini Kevin Cordon berhasil mencetak sejarah bagi dunia bulutangkis Guatemala. Ia menjadi atlet bulutangkis asal Guatemala pertama yang berhasil menembus semifinal.

Namun sayang, langkah anak asuhnya itu harus terhenti di babak semifinal dari Victor Axelsen. Kevin Cordon pun kembali kalah dari wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, saat memperebutkan medali perunggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait