Intip 2 Skenario Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023

  • Arry
  • 14 Jun 2022 21:20
Timnas Indonesia(pssi/twitter)

Timnas Indonesia akan menghadapi Nepal di laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Tim Garuda harus memenangi pertandingan ini demi menjaga asa meraih tiket Piala Asia 2023.

Duel Indonesia vs Nepal akan digelar di Stadion Jaber Al Ahmad, Kuwait, Rabu, 15 Juni 2022, pukul 02.15 dini hari WIB.

Saat ini timnas Indonesia menduduki peringkat dua klasemen Grup A. Asnawai Mangkualam Cs mengoleksi tiga angka dari dua kali bertanding. Indonesia menang 2-1 dari Kuwait dan kalah 0-1 dari Yordania.

Puncak klasemen ditempati yordania dengan raihan 6 angka dari 2 kali bertanding. Sementara Kuwait berada di peringkat tiga dengan nilai sama dengan Indonesia.

Baca juga
Kualifikasi Piala Asia 2023 Indonesia vs Nepal: Duel Hidup Mati, Wajib Menang

Dengan kondisi ini, Indonesia memiliki peluang untuk lolos. Saat Indonesia melawan Nepal, Kuwait akan menghadapi Yordania dalam pertandingan lainnya.

Ada 11 tiket Piala Asia yang disiapkan di babak kualifikasi ini. Enam tiket untuk para juara grup, sedangkan lima tiket lainnya diperebutkan oleh lima runner up grup terbaik. Saat ini Indonesia berada di peringkat enam runner up terbaik.

Ada dua skenario Indonesia bisa meraih satu dari 11 tiket yang tersedia.

Skenario pertama: Indonesia Kalahkan Nepal, Kuwait Menang 1-0 atas Yordania

Jika Indonesia mengalahkan Nepal dan Kuwait berhasil menang minimal 1 gol atas Yordania, maka ketiga tim akan mengoleksi nilai sama.

Namun, dengan kondisi ini justru menguntungkan Indonesia. Sebab, Indonesia akan tampil sebagai juara grup berkat keunggulan head to head dengan Yordania dan Kuwait.

Baca juga
Timnas Indonesia Pecahkan Rekor 42 Tahun Usai Bungkam Kuwait 2-1


Skenario kedua: Indonesia lolos sebagai runner up terbaik

Skenario ini bisa terjadi jika Indonesia mengalahkan Nepal dan Yordania mengalahkan Kuwait. Namun, Indonesia wajib menang dengan mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang Nepal.

Selain itu, Indonesia juga harus berharap dengan hasil rival di grup lainnya yakni Filipina dan Malaysia.

Saat ini pemuncak klasemen runner up terbaik ditempati Thailand dengan nilai 6, diikuti Kirgistan (6 poin), India (6 poin), Filipina (4 poin), Malaysia (3 poin), dan terakhir Indonesia (3 poin).

Baca juga
Video Aksi Heroik Kiper Nadeo Tepis Penalti di Laga Indonesia vs Yordania

Indonesia bisa menggeser Filipina yang baru saja mengalami kekalahan dari Palestina di pertandingan terakhir grup B. Filipina kalah 0-4 dari Palestina.

Sementara Malaysia memenangi pertandingan saat melawan Bangladesh di pertandingan terakhir Grup E. Malaysia menang 3-1 atas Bangladesh.

Dengan hasil ini, Malaysia mengoleksi 6 poin dan naik ke peringkat 4 klasemen runner up terbaik. Sementara Filipina turun ke peringkat 5.

Peluang Indonesia menjadi sangat terbuka. Kemenangan dengan skor berapa pun akan membuat Timnas berada di peringkat lima klasemen runner up terbaik, menggeser Filipina.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait