Legenda NBA dan Boston Celtics Bill Russel Meninggal Dunia

  • Arry
  • 1 Agt 2022 09:43
Legenda NBA dan Boston Celtics Bill Russell meninggal dunia di usia 88 tahun(nba/nba.com)

Legenda bola basket Amerika Serikat dan klub Boston Celtics, Bill Russel, meninggal dunia. Pemain yang meraih gelar juara NBA terbanyak itu meninggal dunia di usia 88 tahun.

Laporan Bill Russel meninggal dunia diumumkan di akun Twitter miliknya pada Ahad, 31 Juli 2022 waktu setempat.

"Bill Russell, pemenang paling produktif dalam sejarah olahraga Amerika, meninggal dengan tenang hari ini dalam usia 88 tahun, bersama istrinya, Jeannine, di sisinya," demikian bunyi pernyataan di akun Twitter Bill Russel.

Unggahan tersebut langsung disusul unggahan dari mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Menurutnya, kepergian Russel adalah sebuah kehilangan besar bagi dunia olahraga.

"Hari ini, kami kehilangan seorang raksasa. Setinggi Bill Russell berdiri, warisannya meningkat jauh lebih tinggi, baik sebagai pemain maupun sebagai suatu pribadi," tulis Barack Obama di akun Twitter pribadinya.

"Mungkin lebih dari siapa pun, Bill tahu apa yang yang diperlukan untuk menang dan apa yang diperlukan untuk memimpin," lanjut pernyataan Barack Obama.

"Di lapangan, dia adalah juara terbesar dalam sejarah bola basket. Di luar itu, dia adalah pelopor hak-hak sipil yang berbaris bersama Martin Luther King Jr dan berdiri bersama Muhammad Ali," demikian pernyataan Barack Obama.

Ucapan belasungkawa juga disampaikan Komisaris NBA, Adam Silver, pemain Boston Celtics, hingga pebasket lainnya.

Bill Russell adalah pengoleksi gelar NBA terbanyak sepanjang sejarah. Dia sukses meraih 11 gelar dari 13 tahun kariernya bersama Boston Celtics.

Selain itu, raihan gelar pribadi juga banyak dikoleksi Bill Russell. Dia masuk dalam Hall of Famer yang meraih lima kali pemain terbaik NBA dan 12 kali masuk dalam tim All Star NBA.

Dalam 13 tahun kariernya di NBA bersama Boston Celtis, dia mengumpulkan total 21.620 rebound dan rerata 22,5 poin per pertandingan.

Sebagai tanda penghormatan, NBA mengabadikan nama Bill Russel sebagai trofi MVP Final NBA.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait