Fenomena Langka di Arab Saudi, Salju Selimuti Gurun Pasir

  • Arry
  • 23 Jan 2022 09:35
Fenomena langka saat salju menutupi Gurun Badr di Arab Saudi(CNN/CNN)

Fenomena langka terjadi di Arab Saudi. Negeri yang dikelilingi gurun pasir itu tiba-tiba turun salju.

Dilansir dari CNN, fenomena ini terjadi di daerah Gurun Badr. Badai salju dan hujan es baru-baru ini turun di wilayah tersebut dan mengubah lanskap di sekitar Arab Saudi.

Pada 11 Januari 2022, fotografer Saudi Osama Al-Habri sempat mengambil gambar udara dari Kegubernuran Badr, barat daya Kota Madinah. Dalam gambar itu tampak penduduk sekitar asyik menikmati fenomena alam itu dengan berkumpul di tumpukan salju.

Al-Harbi mengatakan ke CNN, cuaca musim dingin dengan intensitas tinggi di daerah Gurun Badr adalah fenomena langka yang tak pernah terjadi bertahun-tahun. Al-Harbi bahkan menyatakan fenomena tersebut sebagai 'badai hujan es bersejarah'.

Warga Arab Saudi menikmati salju yang menyelimuti Gurun Badr
Warga Arab Saudi menikmati salju yang menyelimuti Gurun Badr (CNN)

Menurutnya, saat itu kawasan tersebut banyak dikunjungi penduduk sekitar. Tak hanya itu banyak juga pengunjung yang harus menempuh beribu kilometer untuk datang ke lokasi tersebut.

Dilansir dari Saudi Press Agency, Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi telah memperkirakan pada saat tersebut terjadi hujan lebat di wilayah Madinah. Tak hanya itu, angin juga diperkirakan bertiup kencang dengan jarak pandang rendah dan disertai hujan es.

Menurut reuters, kondisi musim dingin itu juga kembali terjadi pada 16 Februari. Saat itu salju turun di barat laut Arab Saudi, menutupi Kota Tabuk, dekat perbatasan dengan Yordania, dan pegunungan di dekatnya.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait