Ada Hujan Meteor Akhir Juli 2022, Bisa Disaksikan Mata Telanjang

  • Arry
  • 16 Jul 2022 16:13
Ilustrasi hujan meteor(@xohumanox/unsplash)

Hujan meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids bakal hadir menghiasi langit Indonesia. Fenomena astronomi ini bisa disaksikan pada akhir Juli 2022.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan hujan meteor ini akan tampak jelas terlihat di langit. Hujan meteor berasal dari gugusan debu komet 169P/NEAT yang berpapasan dengan bumi.

"Hujan meteor Alpha-Capricornids ini bisa diamati pada 30 – 31 Juli 2022 mulai pukul 20.00 WIB di ufuk timur. Namun waktu terbaik adalah setelah lewat tengah malam di arah langit selatan,” kata Peneliti Utama bidang Astronomi dan Astrofisika BRIN Thomas Djamaluddin, dalam keterangannya, Sabtu, 16 Juli 2022.

"Debu-debu komet yang berukuran kecil memasuki atmosfer bumi lalu terbakar menampakkan seperti bintang jatuh," ujarnya.

"Walau jumlah meteornya sedikit, kadang-kadang hujan meteor ini menampakkan meteor terang dari sisa-sisa komet yang berukuran lebih besar," katanya.

Sementara itu hujan meteor Delta Aquariids juga dapat dinikmati pada 29-30 Juli 2022 mulai pukul 23.00 WIB di ufuk timur. Puncaknya sekitar pukul 02.00 WIB di langit selatan.

Baca juga
Catat, 7 Fenomena Alam 2022: Bulan Purnama Super Hingga Gerhana Bulan Total

"Hujan meteor ini menampilkan belasan meteor per jam. Debu-debu komet 96P/Machholz diduga menjadi sumber hujan meteor ini," ujarnya.

Thomas menjelaskan, hujan meteor tersebut tidak berbahaya. Debu-debu sisa komet akan habis terbakar pada ketinggian di atas 80 km.

Bagaimana cara menikmati hujan meteor?

Menurut Thomas, hujan meteor ini bisa dinikmati dengan mata telanjang. Namuun, perlu diperhatikan lokasi pengamatannya.

Disarankan memilih lokasi pengamatan yang minim gangguan lampu dan medan pandang ke langit selatan.

Hujan meteor ini merupakan fenomena astronomi tahunan yang terjadi saat sejumlah meteor akan meluncur silih berganti dari titik tertentu.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait