Fakta Terbaru dan 3 Kejadian yang Masih Jadi Misteri di Segitiga Bermuda

  • Arry
  • 2 Sep 2022 19:36
Ilustrasi Segitiga Bermuda(discover magazine/discovermagazine.com)

Segitiga Bermuda merupakan sebuah kawasan yang saat ini masih sering menjadi perbincangan. Sejumlah orang mencoba untuk memecahkan sejumlah misteri yang terjadi di Segitiga Bermuda.

Segitiga Bermuda adalah sebuah wilayah di Samudra Atlantik Utara. Wilayah ini disebut-sebut dibatasi pantai tenggara AS, Bermuda, dan pulau-pulau di Antillen Besar (Kuba, Hispaniola, Jamaika, dan Puerto Riko).

Meski demikian, batas pasti dari Segitiga Bermuda tidak pernah disepakati. Namun, dari semua perkiraan, wilayah tersebut berbentuk sebuah segitiga.

Nama Segitiga Bermuda ini mencuat karena sejumlah pesawat dan kapal laut hilang secara misterius saat melintasi wilayah tersebut. Hal inilah yang kemudian menjadi perhatian bagi banyak pihak.

Melansir dari Britannica, berikut fakta dari Segitiga Bermuda:

  • Segitiga Bermuda tidak pernah muncul di peta dunia. Bahkan US Board on Geographic Names tidak pernah mengakui Segitiga Bermuda sebagai wilayah resmi Samudra Atlantik
  • Nama 'Segitiga Bermuda' pertama kali digunakan pada 1964. Nama itu pertama kali muncul di sebuah artikel media yang ditulis Vincent Gaddis. Penulis menggunakan nama tersebut untuk menggambarkan wilayah segitiga yang kerap menghancurkan kapal dan pesawat tanpa jejak.
  • Meski banyak laporan kapal dan pesawat hilang di Segitiga Bermuda, namun sebenarnya laporan tersebut tidak tinggi jika dibanding laporan serupa yang terjadi di Samudera Atlantik.
  • Dua kapal militer AS pernah hilang di kawasan Segitiga Bermuda. Pertama terjadi pada Maret 1918 saat collier USS Cyclops hilang dalam perjalanan ke Baltimore, Maryland, dari Brasil. Kejadian kedua terjadi 27 tahun kemudian saat satu skuadron pembom (secara kolektif dikenal sebagai Flight-19) di bawah Letnan Amerika Charles Carroll Taylor menghilang di wilayah udara di atas Segitiga Bermuda.
  • World Wildlife Fund (WWF) pada 2013 melakukan sebuah studi tentang jalur pelayaran maritim. Kesimpulannya, kawasan Segitiga Bermuda tidak termasuk dalam 10 perairan paling berbahaya di dunia.
  • Segitiga Bermuda sering mengalami badai tropis dan angin topan
  • Di kawasan Segitiga Bermuda terdapat sebuah palung dengan kedalaman 8.380 meter di kedalaman Milwaukee.


Berikut ini tentang 3 peristiwa di Segitiga Bermuda yang masih menjadi misteri:

  1. Belum ada jumlah pasti kapal dan pesawat yang hilang di Segitiga Bermuda. Meski demikian, diperkirakan ada 50 kapal dan 20 pesawat yang hilang misterius di Segitiga Bermuda
  2. Puing pesawat maupun kapal yang hilang di Segitiga Bermuda hingga kini tidak pernah ditemukan
  3. Belum diketahui apakah hilangnya pesawat dan kapal di Segitiga Bermuda disebabkan kesalahan manusia atau karena fenomena cuaca.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait