Vanessa Angel Hingga Angelina Sondakh Ditahan Meski Punya Bayi, Putri Candrawathi?

  • Arry
  • 2 Sep 2022 15:29
Irjen Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi(tribratanews/polri.go.id)

Polri belum menahan Putri Candrawathi sampai saat ini. Padahal istri Irjen Ferdy Sambo itu sudah menjadi tersangka pembunuhan berencana Brigadir J dan terancam hukuman mati.

Pengacara keluarga Sambo, Arman Hanis, menjelaskan, pihaknya sudah mengajukan permohonan agar Putri Candrawathi tidak ditahan. Permohonan itu pun dikabulkan penyidik Polri.

Arman beralasan, Putri masih memiliki anak yang masih kecil. Selain itu, kondisi Putri saat ini juga tidak stabil. "Tetapi diberikan wajib lapor dua kali seminggu," ucapnya.

"Dan juga Ibu Putri sudah dicekal. Jadi enggak mungkin kemana-mana," ujar Arman.

"Kami menjamin Ibu Putri akan kooperatif setiap ada pemanggilan untuk pemeriksaan sampai dengan tahap persidangan," ujarnya.

Baca juga
Putri Candrawathi Tak Ditahan Usai Diperiksa 12 Jam, Pengacara: Dikabulkan Penyidik

Keputusan tak menahan Putri Candrawathi menuai kontroversi. Sebab, sebelum kasus ini mencuat, sudah banyak tersangka perempuan yang harus meninggalkan anak-anaknya gegara tersandung kasus pidana dan dipenjara.

Berikut daftar ibu-ibu yang ditahan meski memiliki bayi:

1. Vanessa Angel

Vanessa Angel harus meninggalkan putranya, Gala Sky Andriansyah, yang masih berusia 3 bulan. Saat itu, Vanessa ditahan gegara kasus penyalahgunaan psikotropika jenis xanax.

Vanessa ditahan di Rutan Pondok Bambu pada 2020. Saat Vanessa ditahan, Gala Sky mengalami kendala kesehatan. Dia tidak bisa mengonsumsi susu formula dan lebih tergantung dari ASI eksklusif.

Untuk mengantisipasinya, pihak keluarga berinisiatif bolak balik Rutan Pondok Bambu untuk mengambil ASI eksklusif.


2. Baiq Nuril

Baiq Nuril Maknun ditahan atas kasus UU ITE. Mantan Pegawai Bagian Tata Usaha SMA Negeri 7 Mataram itu disebut telah mencemarkan nama baik kepala sekolah tempat dia bekerja.

Kasus ini mencuat lantaran Baiq Nuril mengalami pelecehan seksual dari atasannya itu. Dia kemudian menyebarkan video rekaman pelecehan tersebut ke kerabatnya. Namun rekaman itu akhirnya viral di media sosial.

Baiq Nuril jadi tersangka dan harus ditahan lantaran dianggap melanggar aturan dalam UU ITE. Saat itu, Baiq Nuril harus meninggalkan putranya yang berusia 8 tahun selama menjalani masa penahanan.


3. Prita Mulyasari

Prita Mulyasari menjadi tersangka dan ditahan lantaran kasus pencemaran nama baik. Dia ditahan lantaran mengeluhkan layanan dari RS Omni Internasional lewat media sosial.

Prita pun harus meninggalkan anaknya yang berusia 3 tahun dan 1,5 tahun selama menginap di penjara.


4. Angelina Sondakh

Angelina Sondakh ditahan usai menjadi tersangka kasus korupsi kasus Wisma Atlet. Angie yang saat itu adalah politisi Partai Demokrat divonis 10 tahun penjara.

Saat dipenjara, Angie harus meninggalkan anaknya, Keanu Massaid yang masih berusia 2 tahun. Padahal saat itu, putri Angie juga baru kehilangan ayahnya, Adjie Massaid karena meninggal dunia.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait