5 Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Daun Binahong

  • Arry
  • 25 Juni 2022 15:12
Daun binahong(ist/ist)

Khasiat daun binahong sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Daun ini biasa dimanfaatkan sebagai obat herbal yang bisa mencegah sejumlah penyakit.

Tanaman ini memiliki punya sifat antioksidan, antinyeri, antibakteri, dan antiinflamasi. Hal ini karena daun binahong memiliki kandungan seperti tanin, saponin, dan flavonoid.

Dikutip dari halodoc, berikut penyakit yang bisa dicegah dengan mengonsumsi daun binahong:

1. Asam urat

Banyak orang percaya bahwa mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin bisa membantu menurunkan kadar purin dalam darah. Purin sendiri merupakan senyawa organik yang terdapat di dalam DNA tubuh. Senyawa ini akan muncul setelah kamu mengonsumsi berbagai makanan yang menjadi pemicu asam urat, salah satunya adalah makanan tinggi lemak dan garam.

Nah, kandungan flavonoid yang terdapat dalam tanaman binahong diyakini mampu menghambat terbentuknya asam urat. Dengan kata lain, mengonsumsinya tentu bisa membantu mencegah sekaligus mengurangi risiko munculnya serangan asam urat yang menyakitkan.


2. Meningkatkan fungsi ginjal

Manfaat binahong lainnya untuk kesehatan tubuh adalah membantu meningkatkan fungsi ginjal. Ekstrak yang didapat dari daun binahong diyakini memiliki khasiat dalam meningkatkan kerja ginjal, khususnya untuk masalah gagal ginjal kronis.


3. Mengatasi hipertensi dan kesehatan jantung

Tidak hanya itu, ekstrak daun binahong juga mempunyai efek membantu menurunkan denyut jantung sekaligus meningkatkan produksi urine. Keduanya sama dengan dampak dari konsumsi obat untuk hipertensi yang menghambat beta dengan sifat diuretik. Inilah mengapa, konsumsi ekstrak daun binahong dipercaya bisa membantu meringankan penyakit tekanan darah tinggi.

Belum lagi, ekstrak dari daun binahong juga diketahui bisa membantu menurunkan lemak dan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Kombinasi antara efek obat hipertensi dan penurun kolesterol tersebut tentu sangat baik untuk membantu mencegah terjadinya masalah kesehatan yang berkaitan dengan jantung, seperti serangan jantung atau gagal jantung.


4. Mencegah diabetes

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition College, menuliskan bahwa daun binahong mampu menurunkan kadar gula dalam darah setelah makan.

Khasiat ini tak lain karena kandungan senyawa aktif kumarin, steroid, dan flavonoid. Ketiga jenis senyawa tersebut bekerja secara aktif dengan cara menghambat terjadinya pemecahan dan penyerapan gula pada usus, serta membantu meningkatkan produksi sekaligus fungsi dari hormon insulin.


5. Mengobati maag

Mengonsumsi daun binahong bisa menjadi pilihan pengobatan alternatif yang tepat bagi penderita penyakit maag. Manfaat binahong lainnya untuk kesehatan adalah membantu meringankan gejala sakit maag.

Konsumsi rutin ekstrak daun binahong dikatakan mampu mengendalikan kadar asam dalam lambung. Naiknya asam lambung memang menjadi penyebab utama dari sakit maag. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari mengonsumsi makanan pemicu, jadwal makan tidak teratur, hingga mengalami stres.

 

Artikel lainnya

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan