Tata Cara Sholat Tahajud yang Benar Beserta Aturan Bacaan Surat Sunnah

  • Arry
  • 24 Jun 2022 23:08
Ilustrasi Sholat(@masjidmpd/unsplash)

Sholat Tajajud merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan Nabi Muhammad SAW untuk dikerjakan umatnya. Ibadah yang disbut qiyamul lail ini memiliki banyak keutamaan bagi yang mengerjakannya.

Sahabat Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Nabi Muhammad saw bersabda:

“Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Surga dengan selamat.” (HR Tirmidzi)

Bersabda Nabi Muhammad saw:

“Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam.” (HR Muslim)

Selain itu, Allah sendiri juga berfirman:

"Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji." (QS Al-Isra: 79)

Dari Jabir r.a., ia barkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. Bersabda: Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam.” (HR Muslim dan Ahmad)

“Lazimkan dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR Ahmad)

Bagaimana tata cara sholat Tahajud, berikut panduannya:

Sholat Tahajud sebaiknya dikerjakan pada sepertiga malam hingga waktu sebelum Subuh. Sebaiknya Sholat Tahajud dilaksanakan usai bangun tidur di tengah malam. Sebab, jika tidak didahului tidur, maka tidak sah mengerjakan Sholat Tahajud.

Salah satu waktu yang paling dianjurkan untuk mengerjakan Sholat Tahajud adalah di sepertiga malam terakhir. Atau sekitar pukul 01.00 hingga menjelang waktu Subuh.


Bacaan Niat Sholat Tahajud

Untuk mengawali sholat Tahajud yang mustajab, dianjurkan membaca niat:

USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA.

Artinya:
"Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala."

Sesudah itu berturut-turut melakukan:

  1. Takbiratul Ihram (disertai dengan niat di dalam hati).
  2. Berdiri bagi yang mampu.
  3. Membaca Alfatihah (lebih baik lagi jika membaca doa iftitah terlebih dahulu sebelum membaca surat Alfatihah). Setelah membaca doa iftitah dan alfatihah, bacalah surat atau ayat tertentu. Membaca ayat atau surat tertentu hukumnya adalah sunnah.
  4. Ruku dengan thumaninah.
  5. I’tidal dengan thumaninah.
  6. Sujud dua kali dengan thumaninah.
  7. Duduk di antara dua sujud dengan Thumaninah.
  8. Duduk tasyahud akhir.
  9. Membaca Tasyahud atau Tahiyyaat akhir pada duduk akhir.
  10. Membaca sholawat atas Nabi saw pada duduk akhir
  11. Salam
  12. Tertib


Usai membaca surat Al-Fatihah, sebaiknya membaca surat apa saja di dalam Al-Quran. Bisa surat pendek maupun panjang.

Allah berfirman dalam surat Al -Muzammil yang artinya:

“ …Maka bacalah apa yang mudah dari Al-Qur’an.” (QS al-Muzammil: 20).

Usai melaksanakan Sholat Tahajud, sebaiknya membaca doa. Doa yang dianjurkan dibaca setelah Sholat Tahajud adalah

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa‘dukal haqq. Wa liqa’uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haqq. Was sa‘atu haqq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirlii ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Artinya:

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Setelah itu, perbanyaklah membaca istigfar sebagai berikut:

Astagfirullaahal azhim wa atuubu ilaiih

Artinya: “Kami memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung dan kami pun bertaubat kepada-Nya”

Demikian tata cara Sholat Tahajud yang benar dan mustajab. Termasuk keutamaan mengerjakan Sholat Tahajud. Semoga bermanfaat.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait