Setelah Nabi Muhammad SAW Wafat, Apa Tugas Malaikat Jibril?

  • Arry
  • 26 Sep 2021 04:18
Ilustrasi Langit(@dpascoa/unsplash)

Umat Islam wajib mempercayai keberadaan malaikat. Ada 10 malaikat yang disebut dalam Alquran, sehingga umat Islam wajib mengimaninya. 10 Malaikat itu memiliki tugas masing-masing.

Salah satu malaikat adalah Malaikat Jibril. Tugasnya diperintah Allah SWT untuk menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW.

Namun, kini banyak pertanyaan. Setelah Rasulullah wafat, apa tugas Malaikat Jibril?

Tugas Malaukat Jibril bukan hanya menyampaikan wahyu saja. Setidaknya ada empat tugas Malaikat Jibril.

Pertama, menjadi komandan para malaikat untuk turun ke bumi. Menurut para ulama, tugas ini dilakukan setidaknya satu tahun sekali, yakni pada malam Lailatul Qadr. Pada malam yang mulia itu, Malaikat Jibril akan memimpin para malaikat turun ke bumi memberi keselamatan dan keberkahan.

Kedua, mengurusi angin. Hal ini sebagaimana riwayat Imam Al-Baihaqi dalam kitab Syu’abul Iman yang artinya:

“Empat Malaikat yang mengurusi urusan dunia yaitu Jibril, Mikail, Malaikat Maut, dan Israfil. Jibril diserahi untuk mengatur angin dan para tentara (malaikat). Mikail diserahi untuk mengurus hujan dan tumbuh-tumbuhan. Malaikat Maut diserahi untuk mencabut nyawa, sedangkan Israfil diserahi tugas menyampaikan perintah kepada mereka.”

Ketiga, memenuhi kebutuhan manusia. Malaikat Jibril mendapat tugas dari Allah SWT untuk memenuhi kebutuhan manusia. Ini sebagaimana riwayat Imam Al-Baihaqi dari Tsabit, dia berkata yang artinya:

“Telah sampai kepadaku bahwa Allah Swt mendelegasikan Malaikat Jibril dalam urusan memenuhi hajat hidup manusia. Apabila seorang mukmin berdoa, maka Allah pun berkata kepada Jibril; Wahai Jibril, tahan dulu untuk memenuhi hajatnya karena Aku sungguh sangat senang mendengar lantunan doanya. Apabila orang kafir berdoa, Allah pun berkata kepadanya; Wahai Jibril, penuhi apa yang menjadi hajatnya karena sesungguhnya Aku tidak suka mendengar lantunan doanya.”

Keempat, mendampingi orang yang meninggal dalam keadaan berwudhu. Saat orang sedang sakaratul maut dan dalam keadaan berwudhu, Malaikat Jibril akan turun ke sisi orang itu Dia membawa tugas dari Allah SWT untuk membawa rahmat dan kemudahan bagi manusia yang sedang sekarat.

Hal ini seperti disebutkan Syekh Nawawi dalam kitab Nuruzh Zhalam, yang artinya:

“Imam Jalaluddin Al-Suyuthi berkata bahwa Malaikat Jibril menghadiri kematian seseorang yang meninggal dalam keadaan punya wudhu.”

Demikian tugas-tugas Malaikat Jibril selain menyampaikan wahyu yang harus diketahui.

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait