Maulid Nabi Muhammad SAW: 5 Keistimewaan Rasulullah yang Tak Dimiliki Rasul Lain

  • Arry
  • 19 Okt 2021 05:53
Kaligrafi Nabi Muhammad SAW di Haiga Sofia, Istanbul, Turki(Rumman Amin/unsplash)

Umat Islam memperingati memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Momen ini jatuh pada 12 Rabiul Awal.

Nabi Muhammad SAW merupakan manusia paling sempurna yang diciptakan Allah SWT. Karena itulah Rasulullah diutus Allah SWT ke muka bumi untuk menjadi contoh teladan bagi seluruh umat manusia.

Banyak keistimewaan yang Allah SWT berikan kepada Nabi Muhammad SAW. Bahkan keistimewaan ini tidak dimiliki oleh Rasul-rasul sebelum Nabi Muhammad.

Dalam Sirah Nabi Muhammad SAW, Al Hafiz Ibnu Katsir, menyebutkan, sejumlah keistimewaan yang dimiliki Rasuluulah dibanding rasul lainnya.

Dari Jabir ibn Abdullah berkata, “Rasulullah bersabda, “Aku telah diberi lima perkara yang tidak diberikan kepada seorang Nabi pun sebelumku: (1) aku ditolong dengan rasa takut yang menghinggapi musuh-musuhku dari jarak sebulan perjalanan, (2) bumi ini dijadikan bagiku sebagai tempat sujud dan alat bersuci, maka di mana saja seseorang dari umatku mendapati waktu shalat telah tiba, hendaklah dia mengerjakannya, (3) dihalalkan bagiku harta rampasan perang yang belum pernah dihalalkan bagi seorang Nabi pun sebelumku, (4) diberikan kepadaku hak untuk memberikan syafaat, dan (5) dahulu para Nabi diutus hanya kepada kaumnya saja, sedangkan aku diutus kepada seluruh manusia.” (HR Bukhari).

Itulah keutamaan agung yang tidak dimiliki rasul lainnya.

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga istimewa karena Beliau diutus Allah SWT untuk seluruh umat. Bahkan kepada golongan jin. Sedangkan nabi lainnya hanya diutus untuk kaumnya saja.

Katakanlah, "Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua..," (QS Al Araf: 158).

Selain itu, disebutkan dalam Alquran, seluruh kehidupan Nabi Muhammad SAW dapat menjadi contoh bagi seluruh umat manusia.

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS Al-ahzab: 21)

Tak hanya itu, Nabi Muhammad juga diberikan banyak mukjizat yang luar biasa. Mulai dari Alquran, terbelahnya bulan, air melngalir dari jemarinya dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait