Mengenal Yahya Cholil Staquf Ketum PBNU Terpilih: Kakak Menteri Hingga Datangi Israel

  • Arry
  • 24 Des 2021 15:14
Ketua Umum PBNU Terpilih Yahya Cholil Staquf(nu online/nu.or.id)

3. Jadi Wantimpres

Yahya Cholil Staquf juga pernah menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres Presiden Joko Widodo pada periode pertama. Dia masuk menjadi Wantimpres menggantikan posisi KH Hasyim Muzadi yang meninggal dunia.

Selain itu, nama Gus Yahya di NU juga semakin naik. Berdasarkan hasil Muktamar PBNU di Jombang pada 2015, Gus Yahya dipercaya sebagai Katib Aam Syuriah PBNU.


4. Kunjungi Israel dan Vatikan

Pada pertengahan 2018, Yahya Staquf pernah menuai kontroversi saat memutuskan mengunjungi Israel dan bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Saat itu dia menjadi pebicara dalam forum American Jewish Committee (AJC) di Israel.

Langkah Gus Yahya saat itu dinilai tidak selaras dengan komitmen terhadap dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.

"Upaya saya ini mengajak atau memperkuat gerakan perdamaian di tingkat akar rumput di masyarakat menjadi konsensus sosial. Semua orang mau perdamaian," kata Gus Yahya mengenai alasannya mendatangi Israel.

Ucapan Gus Yahya dibela Sekjen PBNU, Helmy Faishal Zaini. Menurutnya, langkah tersebut justru selaras dengan yang pernah dilakukan Gus Dur untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina lewat diplomasi segala cara.

Gus Dur pun juga pernah diundang di acara serupa pada 2002. Saat itu digelar di Washington DC, Amerika Serikat.

Tak hanya ke Israel, Gus Yahya juga sempat ikut dalam dialog antariman di Vatikan. Gus Yahya pun sempat bertemu dengan Paus Fransskus yang memimpin audeinsi umum di Vatikan.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait