Makan Pindah-pindah Saat Positif Covid, Sehat Ditangkap Polisi

  • Arry
  • 9 Agt 2021 22:41
Sehat, warga Medan, yang terpapar Covid leluasa jalan dan makan berpindah-pindah tempat(istimewa/istimewa)

Seorang warga Medan bernama Sehat, 54 tahun, membuat heboh. Sebab, warga Jalan Dr Fl Tobing Nomor 50 A itu berkeliaran padahal dia terpapar Covid-19.

Sehat juga tidak melakukan isolasi mandiri. Bahkan berpindah-pindah makan di restoran. Setidaknya ada lima video miliknya tersebar, mulai ia melakukannya tes PCR hingga makan berpindah-pindah tempat didokumentasikannya dengan apik.

"Perlu diberitakan ini agar jadi perhatian pihak berwenang. Kalau dia (Sehat) tidak diperiksa, orang akan menganggap pasien positif Covid gak perlu isolasi mandiri meski mungkin banyak orang seperti dia ini," ujar salah seorang warga Medan, Prabudi Said, Minggu (8/8).

Baca Juga:
Sudah Boleh Buka, 15 Mal di Jakarta Wajibkan Sertifikat Vaksin

Pada video tersebut tidak diketahui apa tujuan pasien bernama Sehat ini hingga dengan khusus mendokumentasikan dirinya yang positif Covid-19. Pada salah satu video yang sengaja direkam temannya secara khusus, Sehat mengatakan pada 5 Agustus 2021 pukul 16.00 WIB, Dia melakukan tes PCR di RS Bunda Thamrin.

Kemudian, di hari yang sama Sehat juga melakukan tes PCR di RS yang berbeda. Disebutkannya pertama pukul 09.00 WIB di RS USU, pukul 10.00 WIB di RS Royal Prima, pukul 12.00 WIB di RS Siloam. Selanjutnya, Dia mengatakan melakukan PCR keempat di Rumkit Kesdam.

Meski disebutkan hasil PCR terkonfirmasi, Sehat kembali mendokumentasikan aktivitasnya. Pada video berikutnya 6 Agustus pukul 08.19 WIB, pasien ini makan di bak mie Aceh Bangka. Dia juga sempat memaparkan makanan itu sangat enak.

Di tanggal yang sama, pria ini kembali makan di tempat kuliner lain yakni rumah makan Hasan pada pukul 12.45 WIB. Dia menceritakan di rumah makan Hasan itu makan cakwe.

Baca Juga:
Korupsi Bansos, Juliari Mengaku Menderita dan Minta Dibebaskan

Pasien ini menjelaskan pada video berdurasi 50 detik itu makan sebanyak tiga porsi untuk berdua. Selanjutnya, Dia menyebutkan temannya adalah eks pasien corona.

"Ini kita makan tidak pakai nasi, tiga porsi berdua, jangan sepiring berdua tapi 3 porsi berdua. Karena kau bekas pasien eks Covid-19," katanya sambil tertawa yang juga disambut tawa teman di sebelahnya.

Kemudian Sehat melanjutkan makan Yensui atau kalau di China itu antibiotik. Video selanjutnya yang disebutkan tanggal 7 Agustus pukul 10.05 WIB melakukan tes PCR di Microlab kelima tetap hasilnya positif.

Dengan beredarnya video tersebut membuat masyarakat resah karena pasien (Sehat) makan di berbagai tempat dan tanpa melakukan isolasi mandiri. Dikhawatirkan tindakannya tersebut bisa menyebabkan klaster baru Covid-19.

Ditangkap Polisi

Aksi viral Sehat langsung tercium aparat Polrestabes Medan. Polisi langsung mengamankan Sehat.

"Iya sudah diamankan," kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Rafles Marpaung, Senin (9/8/2021).

Namun demikian, Rafles tidak merinci di mana pria tersebut diamankan petugas. Saat ini pihaknya masih memeriksa warga Jalan FL Tobing, Kota Medan tersebut.

"Masih diperiksa," ujarnya.

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait