Tak Hanya Bikin Sehat Mata, Ini 9 Manfaat Konsumsi Wortel

  • Arry
  • 6 Jul 2022 14:56
Manfaat wortel(@jannerboy62/unsplash)

Manfaat wortel saat ini hanya diketahui untuk kesehatan mata. Ternyata, wortel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tidak hanya mata saja.

Untuk diketahui, wortel mengandung nutrisi seperti kalori, air, protein, karbohidrat, gula, serat, dan lemak.

Selain itu, wortel juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Seperti Vitamin A, B, C, E, K; Beta-karoten, Alfa-karoten, Lutein, Kalsium, Fosfor, Kalium, Zat besi, dan yang lainnya.

Apa saja manfaat wortel, ini 9 manfaat dari wortel dikutip dari klikdokter:

1. Wortel dapat Menjaga Kesehatan Mata

Wortel yang memiliki kandungan vitamin A sangat penting bagi mata. Menurut penelitian, rutin mengonsumsi wortel dapat melindungi dari penyakit mata, seperti katarak, rabun, dan masalah mata lainnya.

2. Memperkuat Tulang

Selanjutnya, manfaat dari wortel adalah memperkuat tulang. Kandungan di dalam wortel yang tinggi kalsium dan vitamin K sangat baik untuk kesehatan tulang.


3. Menurunkan Kolesterol

Wortel kaya akan serat larut, terutama dari pektin. Kandungan itulah yang membuat manfaat wortel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah penelitian di Amerika Serikat pun membuktikan hal tersebut.

Penelitian itu mengamati sejumlah peserta yang rutin mengonsumsi wortel setiap hari dalam porsi tertentu selama tiga minggu. Para peneliti mengamati penurunan kolesterol yang mungkin terjadi.

Hasilnya, para peserta benar-benar telah mengalami penurunan kadar kolesterol.


4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan wortel yang dapat menjaga kadar kolesterol darah dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit jantung. Khususnya, masalah sumbatan pada pembuluh darah jantung atau penyakit jantung koroner.

Selain itu, kandungan antioksidan wortel juga sangat baik untuk jantung. Kandungan likopen pun dapat membantu mencegah penyakit jantung meskipun hal ini perlu penelitian lebih lanjut.


5. Baik bagi Penderita Diabetes

Tahukah Anda manfaat wortel untuk kesehatan dapat dirasakan penderita diabetes? Wortel sebagian besar mengandung air dan karbohidrat. Karbohidrat yang terkandung terdiri dari pati dan gula, seperti sukrosa dan glukosa.

Selain itu, wortel juga mempunyai indeks glikemik (GI) yang rendah. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah makan.

Pada konsumsi wortel mentah, ditemukan GI berkisar antara 16-60, terendah untuk wortel mentah dan sedikit lebih tinggi untuk wortel matang. Makanan berindeks glikemik rendah dianggap bermanfaat untuk penderita diabetes.


6. Mencegah Konstipasi

Selain serat larut, wortel juga mengandung serat tak larut utama, yakni selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

Kandungan tersebut menjadikan manfaat wortel berguna untuk menurunkan risiko konstipasi dan membantu memperlancar buang air besar.


7. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan wortel juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker, terutama kanker paru-paru.

Manfaat wortel bagi tubuh ini diperoleh dari tingginya kandungan beta-karoten. Kandungan ini disebut-sebut memiliki efek melindungi dari serangan kanker.

Mengutip penelitian, beberapa jenis kanker yang dapat dicegah meliputi kanker prostat, kanker usus besar, kanker perut, hingga kanker payudara.


8. Baik untuk Otak

Seiring bertambahnya usia, kinerja otak bisa mengalami penurunan. Sebuah penelitian menunjukkan kurang mengonsumsi buah dan sayuran dapat meningkatkan kemerosotan otak hingga tiga kali lebih tinggi.

Penelitian itu pun menemukan, otak memerlukan perlindungan untuk menghindari penyakit jangka panjang termasuk pikun.

Manfaat wortel bagi kesehatan otak disebut-sebut mampu memberikan perlindungan terhadap kinerjanya meskipun usia bertambah. Khasiat wortel ini diperoleh dari kandungan beta-karoten di dalamnya.

Seorang peneliti dari Harvard University, AS, mengamati pria yang setiap hari mengonsumsi 50 mg suplemen dengan kandungan beta-karoten.

Hasilnya, pria tersebut dapat menghindari kemerosotan otak hingga 1-1,5 tahun ketimbang orang yang tidak mengonsumsi beta-karoten sama sekali.


9. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu fungsi wortel adalah sebagai sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik, khususnya vitamin A, biotin, vitamin K1, kalium, dan vitamin B6.

Selain itu, wortel juga kaya akan beta-karoten. Karena itulah tidak heran apabila manfaat wortel dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Beta-karoten nantinya akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Zat nutrisi ini selain membantu meningkatkan penglihatan yang baik, berperan pula untuk pertumbuhan, perkembangan, dan imunitas tubuh.

Demikian beberapa manfaat wortel bagi kesehatan Anda. Sayuran ini memang kaya manfaat karena mengandung nutrisi melimpah.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait