Usai Minum Kopi Kok Malah Ngantuk, Ini 6 Hal yang Jadi Penyebabnya

  • Arry
  • 20 Nov 2022 12:01
Meminum kopi(ist/ist)

Kopi selama ini dikenal sebagai salah satu minuman yang baik untuk tubuh. Bahkan dengan meminum kopi kita bisa lebih bersemangat dan bisa menjaga mata melek.

Namun bagi sebagian orang, hal tersebut justru tidak berlaku. Bahkan ada yang mengantuk usai meminum kopi.

Berikut 6 hal yang menjadi penyebab orang mengantuk usai meminum kopi:

1. Kurang tidur

Berdasarkan penelitian yang dipresentasikan pada konferensi American Academy of Sleep Medicine dan Sleep Research Society di Amerika Serikat, disebutkan, kopi justru tidak akan berpengaruh pada seseorang yang sudah kurang tidur. Sebab, semakin kurang tidur, maka tubuh akan memproduksi senyawa adenosin lebih banyak. Hal ini membuat kafein kalah melawan zat adenosin dalam jumlah yang lebih banyak.

Baca juga
Minum Kopi vs Teh, Mana yang Terbaik Diminum Saat Pagi Hari

2. Sudah ngantuk sebelum minum kopi

Jika ingin mendapatkan efek segar dari kopi, maka minumlah kopi sebelum mengantuk. Sebab, saat sudah mengantuk, maka sistem sarafmu sudah terlanjur mengikat zat adenosin. Hal ini seperti yang terjadi jika begadang. Anda justru akan banyak mengonsumsi kopi namun tetap saja mengantuk.

3. Tubuh sulit mencerna kafein

Berdasarkan penelitian Northwestern University Feinberg School of Medicine, ada gen manusia yang susah mencerna kafein. Hal itulah yang menyebabkan kopi tidak akan berpengaruh untuk tetap terjaga.

Baca juga
Manfaat Konsumsi Kopi Tiap Pagi Hari: Anti Stres Hingga Obat Diet

4. Kehilangan efek terhadap kafein

Seseorang bisa kehilangan efek kafein pada kopi jika terlalu banyak mengonsumsinya. Namun, ini bukan berarti Anda harus menambah takaran kopi untuk dikonsumsi.

5. Terlalu banyak kandungan gula dalam kopi

Melansir The Healthy, jika kopi yang dikonsumsi terlalu manis, bisa membuat Anda cepat lelah dan mengantuk. Hal ini karena konsumsi makanan manis bisa membuat orang merasa lelah dengan cepat.

Baca juga
5 Kebiasaan Minum Kopi Ini Ternyata Memicu Penuaan Dini

6. Susu di Dalam Kopi

Jika meminum kopi dengan campuran susu, hal itu juga bisa membuat Anda cepat mengantuk. Sebab, susu hangat yang mengandung tritofan justru bisa memicu orang cepat mengantuk.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait