Tempe Goreng Kalahkan Spaghetti Aglio E Olio Jadi Makanan Vegan Terbaik di Dunia

  • Arry
  • 3 Mei 2023 16:12
Tempe(@Bintang_Galaxy/pixabay)

Makanan vegan kini menjadi kuliner populer di dunia. Banyak orang mulai memilih untuk tidak lagi mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan.

Taste Atlas, sebuah website yang mengulas hidangan tradisional, bahan-bahan lokal, dan restoran otentik, merilis makanan vegan terbaik di dunia 2023.

Dari 10 makanan vegan terbaik di dunia yang dirilis Taste Atlas, terdapat tempe goreng. Kuliner khas Indonesia ini bahkan lebih baik dibanding hidangan khas Italia, Spaghetti aglio e olio.

Berikut 10 makanan vegan terbaik di dunia versi Taste Atlas:

1. Zeytoon parvardeh

Zeytoon parvardeh adalah hidangan yang berasal dari Provinsi Gilan, Iran. Kuliner ini adalah kombinasi beraroma buah zaitun dan molase delima. Hidangan ini memiliki bahan tambahan seperti kenari giling, bawang putih, dan berbagai rempah segar seperti daun ketumbar atau mint, serta biji delima, dan minyak zaitun dalam jumlah banyak.

Baca juga
Pempek Masuk 5 Besar Makanan Olahan Seafood Terbaik di Dunia Versi Taste Atlas

2. Guacamole

Guacamole adalah hidangan seperti mentega yang berasal dari kekaisaran Aztec pada 1500-an. Kuliner ini merupakan perpaduan antara alpukat matang yang dihaluskan, bawang bombay, cabai, tomat pilihan dan bumbu pilihan seperti garam laut dan ketumbar.

3. Muhammara

Muhammara merupakan kuliner khas Kota Aleppo, Suriah. Hidangan berupa saus ini terbuat dari paprika merah panggang, minyak zaitun, dan kacang kenari. Saus ini memiliki rasa manis dan tekstur kacang kenari membuat teksturnya menarik.

Baca juga
5 Jajanan Pinggir Jalan Indonesia terbaik di Dunia Versi Taste Atlas: Ada Siomay

4. Yemista

Yemista merupakan hidangan tradisional Yunani. Kuliner ini memiliki bahan utama berupa tomat dan paprika hijau yang diisi dengan nasi di dalam bagian sayuran. Sayuran itu kemudian dipanggang dalam oven. Hidangan ini biasanya disajikan ketika musim panas.

5. Mujaddara

Mujaddara adalah kuliner khas dari Timur Tengah. Makanan ini memiliki bahan utama nasi dan sayuran yang ditambah dengan bawang bombai yang kemudian ditumis dengan minyak zaitun. Makanan ini kemudian disajikan dengan diberi taburan bawang goreng dan biasanya disajikan bersama yogurt tawar atau bawang putih.

Baca juga
Pisang Goreng Asal Indonesia Jadi Camilan Gorengan Terbaik di Dunia

6. Tempe goreng

Tempe goreng merupakan hidangan vegan yang populer di Indonesia. Makanan ini memiliki bahan utama tempe yang memiliki bahan dasar kedelai. Untuk membuat tempe goreng, potongan tempe biasanya direndam terlebih dahulu dalam rempah-rempah dan kemudian digoreng dengan minyak hingga menjadi renyah.

7. Badrijani

Badrijani merupakan kuliner khas Georgia. Hidangan ini memiliki bahan berupa irisan terong yang dilapisi dengan pasta kenari, kemudian dibentuk menjadi gulungan kecil. Sebelum disajikan, irisan terong tersebut digoreng terlebih dahulu, sementara olesannya terbuat dari kenari bubuk, bawang putih, dan ketumbar segar.

8. Hummus

Hummus merupakan salah satu kuliner khas Timur Tengah. Kuliner vegan ini berbahan dasar buncis yang dihaluskan, pasta wijen, air perasan lemon, dan bawang putih.

9. Fattoush

Fattoush merupakan salad yang populer di Lebanon. Salad ini terbuat dari roti sebagai bahan dasar. Roti itu kemudian dipotong kecil-kecil dan dipanggang, dibakar, atau digoreng. Setelah itu dicampur dengan selada, lobak, mentimun renyah, tomat ceri atau tomat biasa, paprika, bawang bombai, dan bawang putih.

10. Spaghetti aglio e olio

Spaghetti merupakan kuliner khas Italia. Kuliner ini terbuat dari bahan-bahan spageti, bawang putih, dan minyak, namun ada juga bahan tambahan yang menambahkan rasa pedas yaitu cabai merah kecil yang dalam bahasa Italia dikenal sebagai peperoncino rosso atau diavolillo.

Artikel lainnya: 8 Kejanggalan Rekaman CCTV Kematian Asiah Usai Terjatuh dari Lift Kualanamu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait