Tips Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Tak Cepat Basi

  • Arry
  • 12 Mei 2023 17:44
Ilustrasi kulkas(ist/ist)

Menyimpan makanan di kulkas ternyata tidak boleh sembarangan. Ada beberapa tips menyimpan makanan agar kualitasnya tetap terjaga.

Menyimpan makanan atau bahan di kulkas umumnya bertujuan agar bisa tahan lama. Untuk itu, penempatan jenis makanan harus sesuai dengan rak yang tersedia dalam kulkas.

Berikut tips menyimpan makanan di kulkas agar tidak cepat basi:

1. Produk dairy taruh di rak paling atas

Highspeedtraining melansir, rak paling atas kulkas sebaiknya menjadi tempat untuk menyimpan produk dairy seperti keju, yoghurt, kornet, sosis, mentega, hingga makanan sisa yang sudah matang atau setengah matang. Hal ini untuk mencegah makanan siap saji ini terkontaminasi bakteri dari produk mentah.

2. Laci tengah untuk lokasi menyimpan

Egg Farmers of Canada menyarankan, penyimpanan telur sebaiknya ditempatkan pada bagian utama lemari es; yakni di bagian tengah karena suhu dingin lebih konsisten. Di bagian ini, Anda juga bisa menyimpan selai, susu, atau bumbu-bumbu instan.

Jangan menyimpan sisa makanan di bagian tengah kulkas dalam keadaan terbuka. Pastikan, sisa makanan disimpan dalam keadaan tertutup agar terhindar dari kontaminasi makanan lain.

3. Buah dan sayuran simpan di rak paling bawah

Real Simple menyarankan, untuk menyimpan buah dan sayuran di rak paling bawah kulkas. Hal ini lantaran buah dan sayuran mengeluarkan gass yang dapat mengontaminasi makanan lain di dalam kulkas dan menyebabkan pembusukan.

4. Pintu kulkas

Di pintu kulkas juga terdapat rak. Sebaiknya Anda menyimpan jus, kecap, bumbu masakan botolan, saus, hingga mayones di rak pintu kulkas. Hal ini karena pintu kulkas adalah bagian paling hangat yang sering mengalami perubahan suhu paling cepat.

5. Freezer

Freezer sebaiknya menjadi tempat menyimpan bahan mentah seperti daging, ayam, dan ikan. Hal ini lantaran freezer adalah bagian kulkas yang memiliki suhu paling rendah. Dengan demikian, bahan makanan bisa disimpan lebih awet dan dengan kondisi membeku, bisa menghindari saling kontaminasi dengan bahan lain.

Artikel lainnya: Antropolog Amerika Ungkap Kenapa Manusia Gemar Pelihara Tuyul: Suka Mencuri?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait