Jangan Salah, Ini Arti Kode Warna di Kemasan Pasta Gigi

  • Arry
  • 10 Sep 2021 12:15
Kode Warna Pada Pasta Gigi(tasteofhome/tasteofhome)

Ramai di sosial media yang membahas mengenai kode warna pada ujung kemasan pasta gigi. Kodenya berwarna merah, hijau, biru, dan hitam. Warna-warna ini disebut menandai kandungan bahan dalam pasta gigi tersebut.

Warna-warna itu artinya:

  • Hijau: terbuat dari bahan alami.
  • Biru: mengandung campuran bahan alami dan obat-obatan.
  • Merah: mengandung bahan alami dan bahan kimia
  • Hitam: terbuat dari bahan-bahan kimia murni

Apakah benar?

Dilansir dari Klikdokter, informasi tersebut tidaklah benar. Sebab, kandungan dalam semua pasta gigi sebenarnya juga terbuat dari bahan kimia. Dan jika mengandung bahan obat-obatan, tidak dicantumkan dalam kemasan tersebut.

Lalu, apa guna dari blok warna pada tube pasta gigi?

Kode warna tersebut semata-mata hanya tanda. Tujuannya untuk menandai dan memudahkan sensor pada mesin pembuat kemasan mengetahui posisi untuk memotong, melipat, dan menyegel kemasan dengan kecepatan yang tinggi.

Selain itu, kode warna itu juga berfungsi membantu mesin mengetahui bagian atas dan bawah. Bagian atas berisi logo dan nama merk produk, sedangkan bawah berisi informasi kandungan bahan pasta gigi.

Lalu kenapa warnanya berbeda-beda? Perbedaan warna itu tergantung dari masing-masing sensor mesin kemasan pasta gigi.

Jadi, anda tidak perlu ragu lagi untuk mendapatkan manfaat pasta gigi. Jika ingin mengetahui kandungan bahan, anda tinggal melihatnya saja di bagian bawah kemasan.

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait