Ngeri Lidah Pria Ini berubah Warna Jadi Hijau dan Berbulu, Diduga Gegara Rokok

  • Arry
  • 18 Jul 2023 12:21
Ilustrasi lidah(ist/ist)

Pengalaman mengerikan dialami seorang pria asal Ohio, Amerika Serikat. Lidah pria berusia 64 tahun itu berubah warna menjadi hijau dan juga ditumbuhi bulu.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan New England Journal of Medicine disebutkan, pria tersebut juga baru saja menyelesaikan pengobatan antibiotik klindamisin. Obat itu dia konsumsi karena mengalami infeksi pada gusinya.

Selain itu, pria itu juga mengaku seorang perokok. Namun dia tidak menjelaskan berapa lama dia menghisap tembakau tersebut.

Penulis studi tersebut tidak menjelaskan apakah lidah hijau dan berbulu itu disebabkan karena merokok, penggunaan antibiotik, atau kombinasi keduanya.

Namun, berdasarkan penelitian sebelumnya, rokok disebutkan memiliki dampak pada kesehatan mulut. Termasuk menyebabkan penumpukan plak dan bakteri.

Lidah pria ini berubah hijau dan berbulu (Foto: New England Journal of Medicine)
Lidah pria ini berubah hijau dan berbulu (Foto: New England Journal of Medicine)

Sementara itu, penggunaan antibiotik juga dapat mengubah mikrobioma mulut, mengubah bakteri dan membiarkannya menumpuk di lidah.

Dokter mendiagnosa, pria dengan lidah hijau dan berbulu itu mengalami suatu kondisi yang ditandai dengan lapisan abnormal pada permukaan atas lidah, juga disebut daerah dorsal.

Baca juga
6 Manfaat Air Garam Untuk Sebagai Obat Sakit Gigi dan Mulut

Lidah berbulu disebutkan karena adanya penumpukan kulit mati di bagian yang mengandung pengecap, yang dikenal sebagai papila. Bagian ini kemudian menjadi lebih panjang dari biasanya, membuat lidah terlihat berbulu. Juga, menjebak zat lain, seperti bakteri dan ragi.

Berdasarkan American Academy of Oral Medicine (AAOM), kondisi lidah berbulu ini memengaruhi sekitar 13 persen orang Amerika. Kondisi ini juga paling sering ditemukan pada pria dengan usia yang lebih tua.

Perubahan warna juga biasanya tidak hanya menjadi hijau. Tetapi juga bisa menjadi cokelat, kuning, atau hitam.

Selain itu, rokok juga terbukti memiliki fek yang bisa merugikan kesehatan mulut. Karena menyebabkan penumpukan bakteri dan plak. Sementara antibiotik juga bisa menyebabkan terbentuknya bakteri baru pada mulut, dan ini bisa menumpuk hingga menyebabkan lidah berbulu.

Baca juga
BPOM Tarik Obat Sakit Gigi Hingga Obat Kuat: Bahaya Untuk Ginjal dan Hati

Penulis studi tersebut menyatakan, kondisi itu bisa disebabkan karena faktor dari merokok, dehidrasi, kebersihan mulut yang buruk, dan antibiotik.

Selain itu, penulis juga menilai, pasien yang pernah memiliki lidah berbulu, dapat mengalaminya kembali di masa depan. Kondisi ini disebut tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara saja.

Untuk pengobatannya, dokter menyarankanpria tersebut menggosok dengan lembut permukaan lidah empat kali sehari. Selain itu, pria tersebut juga disarankan untuk berhenti merokok.

Saran dari dokter ini berhasil. Lidah pria tersebut kembali normal setelah menjalani terapi selama enam bulan.

Artikel lainnya: Pengguna Instagram Kini Dapat Membeli Centang Biru: Ini Harga, Syarat dan Cara Beli

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait