Luhut Bilang Sirkuit Mandalika Akan Direnovasi, Jadi Lebih Bagus Untuk MotoGP

  • Arry
  • 23 Nov 2021 07:30
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan(@luhutbinsarpandjaitan/instagram)

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan akan merenovasi Sirkuit Pertamina Mandalika. Sirkuit ini akan lebih bagus lagi untuk perhelatan MotoGP 2022.

Rencana perbaikan Ide renovasi Sirkuit Mandalika ini muncul saat berbincang dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah saat gelaran WSBK Mandalika 2021.

"Ini sirkuit standar kelas dunia, sudah high end dunia. Jadi anak-anak muda patut bangga dengan itu. Kualitas sirkuit ini tentu ada sedikit perbaikan, dan tadi Pak Gubernur dan Pak Menhub sepakat akan segera diperbaiki, selesai Maret. Maret akan ada seri MotoGP, yang akan dibuat lebih bagus lagi," kata Luhut dalam keterangan tertulis, Selasa, 23 November 2021.

Baca Juga
Bangganya Luhut, Dulu Mandalika Jadi Cibiran Kini Jadi Buah Bibir Seantero Negeri

Luhut menegaskan, ajang WSBK Mandalika telah memberikan dampak positif bagi perekonomian di Nusa Tenggara Barat. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya pemesanan hotel dan penginapan di sekitar sirkuit.

"Pak Gubernur telah melaporkan bahwa di sini tidak ada satupun hotel dan homestay yang kosong, malah harganya naik tiga kali lipat. Sewa mobil juga naik, semua ekonomi menjadi hidup," ujar Luhut.

Ada beberapa catatan dalam perhelatan WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021, beberapa pembalap menilai ada beberapa titik di lintasan yang aspalnya sedikit tergerus. Akibatnya, kondisi lintasan menjadi kotor akibat bebatuan dari aspal tersebut.

Baca Juga
WSBK Mandalika, Pembalap Asing Keluhkan Sirkuit Kotor Hingga Aspal Tergerus

Selain itu terjadi genangan di sejumlah titik saat terjadi hujan lebat. Padahal anggaran untuk drainase mencapai Rp85 miliar.

Mengenai genangan di sirkuit, PPK Sungai dan Pantai Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara 1 Kementerian PUPR Sonny Iswanto, menjelaskan, saluran drainase di area sirkuit dibangun sepanjang 7.221 meter.

"Pekerjaan kami, saluran dari arah Timur 2020 ke Barat 2021. Saat ini aman dan berfungsi baik," kata Sonny.

"Banjir di area sirkuit bukan dari limpasan jalan sebelah Utara, tapi murni tangkapan hujan di area sirkuit," ujarnya.

Baca Juga
Diguyur Hujan Badai, Sirkuit Mandalika Banjir di Sejumlah Titik

"Posisi sirkuit berada di selatan jalan dan mempunyai sistem drainase sendiri yang sudah diprogramkan dan merupakan kegiatan ITDC. Hanya mungkin pihak ITDC belum tuntas melaksanakannya," jelasnya.

Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan sejauh 4,310 kilometer dengan memiliki 17 tikungan.

Baca Juga
Indonesia Gelar WSBK Mandalika, Netizen Malaysia: Rossi Belum Balapan di Sana

Sirkuit Mandalika ini juga mampu menampung 195 ribu penonton dengan bagian tribun utama memiliki kapasitas 50 ribu bangku.

Sirkuit ini juga sudah masuk agenda perhelatan MotoGP 2022. Pihak MotoGP menjadwalkan balapan akan digelar pada 18-20 Maret 2022.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait