Pesawat dan Helikopter Kepresidenan Dicat Ulang, Berapa Biayanya?

  • Arry
  • 3 Agt 2021 13:57
Pesawat Kepresidenan dengan cat baru merah putih(adhimas_aviation/instagram)

Pemerintah diam-diam mengecat ulang pesawat kepresidenan menjadi merah putih dari sebelumnya putih biru. Pengecatan ini pun menjadi bahan perbincangan di media sosial.

Penampakan pesawat yang baru dicat itu pertama kali diunggah akun Instagram @adhimas_aviation dengan caption "New Livery For A-001! A-001 Blasting Out From CGK Bound To Pelabuhan Ratu For Test Fight"

Keterangan dalam foto tersebut juga menuliskan Indonesian Government A-001 Boeing 737-8U3 (BBJ2), seperti dikutip Newscast.id, Selasa, 3 Agustus 2021.

Penampakan Pesawat Kepresidenan (Instagram @adhimas_aviation)

Unggahan tersebut langsung mendapat sorotan dari pemerhati penerbangan Alvin Lie. Mantan angggota DPR itu memperkirakan biaya cat ulang pesawat dengan jenis Boeing 737-800 antara US$100.000 hingga US$150.000 atau setara dengan Rp1,4 miliar hingga Rp2,1 miliar.

"Hari gini masih aja foya-foya ubah warna pswt Kepresidenan," tulis Alvin dalam akun @alvinlie21 yang dikutip, Selasa (3/8/2021).

Komentar Alvin Lie (Twitter @alvinlie21)

Istana Kepresidenan pun angkat bicara soal pesawat yang dicat ulang itu. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menegaskan bahwa pengecatan ulang pesawat kepresidenan memang sudah direncanakan sejak 2019 lalu. Adapun jadwal perawatan rutin jatuh pada tahun ini.

"Perawatan rutin memiliki interval waktu yang sudah ditetapkan dan harus dipatuhi. Sehingga jadwal perawatan ini harus dilaksanakan tepat waktu," kata Heru saat dikonfirmasi.

Perawatan rutin tersebut, kata Heru, merupakan perawatan Check C sesuai rekomendasi pabrik. Atas dasar itu, pemerintah akhirnya melakukan perawatan sekaligus pengecatan bernuansa merah putih.

"Ini warna bernuansa bendera merah putih yang tendu sesuai warna bendera negara RI," kata Heru.

Heru lantas membantah anggapan yang menyebut pengecatan ulang pesawat justru seperti menghambur-hamburkan anggaran, terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda.

"Perlu kami jelaskan bahwa alokasi untuk perawatan dan pengecatan sudah dialokasikan dalam APBN," kata Heru.

Tak hanya pesawat yang dicat ulang. Helikopter Super Puma yang kerap digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga ternyata dicat ulang dengan warna baru. Helikopter dicat ulang dengan warna merah dan putih.

Hal ini terungkap dalam akun Instagram resmi @skadronudara45. Dalam unggahan foto tersebut, terlihat penampakan pesawat baru dan Super Puma dengan warna baru di dalam hangar pesawat.

Pesawat dan Helikopter Kepresidenan (Instagram @skuadronudara45)

"Proses pengecatan sendiri merupakan satu paket dengan Heli Super Puma dan Pesawat RI," kata Heru.

Heru pun tak membantah ketika ditanya biaya pengecatan pesawat kepresidenan menjadi merah mencapai Rp2 miliar. "Ya, kurang lebih segitu (Rp2 miliar)," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait