Keberadaan 5 WNI Usai Tsunami Tonga Tak Diketahui

  • Arry
  • 17 Jan 2022 07:35
Ilustrasi Tsunami(WikiImages/pixabay)

Tsunami menerjang negara Tonga usai Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang berada di bawah laut meletus pada Sabtu, 15 Januari 2022. Kini Kementerian Luar Negeri kehilangan kontak dengan 5 WN Indonesia yang berada di Tonga.

“Terdapat 5 WNI di Tonga saat kejadian. Kelima WNI tersebut diketahui tinggal di Nuku’alofa (Ibu Kota Tonga),” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, dalam keterangan tertulisnya.

Letusan Gunung Hunga Tonga itu mengakibatkan gelombang tsunami di Ibu Kota Tonga, Nuku’alofa. Bencana ini menyebabkan lumpuhnya sistem komunikasi di negara yang berada di kawasan Samudera Pasifik itu.

“Belum diketahui kondisi mereka saat ini, karena komunikasi yang terputus,” ujarnya.

Baca Juga
VIDEO: Tsunami Hantam Tonga Akibat Letusan Gunung Api Bawah Laut

Judha menjelaskan, berdasarkan informasi dari pemerintah Selandia Baru, belum ada laporan jatuhnya korban jiwa akibat tsunami.

“KBRI Wellington terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak di Selandia Baru dan Tonga untuk mengetahui kondisi para WNI di Tonga,” ujar Judha.

Judha juga menjelaskan, saat ini kondisi di Tonga berangsur membaik. Hujan abu vulkanik pun sudah berhenti.

Baca Juga
Tsunami Akibat Letusan Gunung Hunga Tonga Sampai di Jepang dan Amerika Serikat

Namun dilaporkan, wilayah Tongatapu, pulau utama di Tonga di bagian utara Nuku’alofa, disebut sebagai wilayah paling parah terdampak letusan gunung dan tsunami. “Banyak kapal dan perahu terdampar ke daratan,” tutup Judha.

Gelombang tsunami akibat letusan Gunung Hunga Tonga ini tak hanya menerjang Tonga. Tapi juga sampai ke wilayah Jepang, Amerika Serikat, Selandia Baru, hingga wilayah Amerika Tengah.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait