Faisal Basri Sebut Moral Pemerintah Sudah Ambruk Sebelum 2024

  • Arry
  • 29 Jan 2022 17:51
Ekonom senior Faisal Basri(faisalbasri/faisalbasri.com)

Ekonom senior Faisal Basri memprediksi pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin bakal mengalami permasalahan secara moral sebelum 2024. Bakal banyak skandal yang bakal terungkap sebelum Pemilu 2024.

"Saya prediksi sih enggak sampai 2024 secara moral pemerintahan ini sudah ambruk," kata Faisal Basri dalam Webinar IM57+ Institute bertema 'Benturan Kepentingan dan Bisnis Pejabat: Dampak Kerusakan & Modus Operandinya' yang digelar Sabtu, 29 Januari 2022.

"Mayoritas elitnya sudah tidak bisa ditutup-tutupi lagi, melakukan skandal dan skandalnya makin besar," ujarnya.

Namun Faisal Basri tidak menyebut nama pejabat dan mayoritas elit yang dimaksud. Namun, menurutnya konflik kepentingan saat ini sudah dalam tahap kritis.

Bahkan, elemen-elemen yang ada di pemerintahan siap saling membuka skandal yang dilakukan rekan koalisi mereka bila tidak mendapatkan pembagian yang merata.

"Saya melihat sekarang sudah pada situasi critical moment, di mana para oligarki ini sebetulnya mirip koalisi jahat. Kalau koalisi jahat itu tidak langgeng, mereka akan saling buka-bukaan karena pembagiannya tidak merata," ucapnya.

Faisal Basri menjelaskan, konflik kepentingan yang berbahaya itu adalah saat pejabat negara ikut berbisnis. Apalagi saat ini kekuatan negara dan korporasi sudah menyatu.

"Jadi inilah yang terjadi di Indonesia. Padahal, sehingga semakin kuat state dan market ini, community dirugikan," tuturnya.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait