Wayang Ustaz Khalid Basalamah Dikisahkan Transaksi PSK, Gus Miftah: Urusan Dalang

  • Arry
  • 21 Feb 2022 17:09
Gelaran wayang yang digelar Gus Miftah di Pesantren Ora Aji menampilkan wayang mirip Ustaz Khalid Basalamah(@gedangmas/youtube)

Pertunjukan wayang yang digelar Pondok Pesantren Ora Aji milik Gus Miftah mengundang kontroversial. Dalam pertunjukan itu hadir wayang dengan sosok mirip Ustaz Khalid Basalamah.

Pertunjukan wayang dipimpin dalang Ki Warseno. Pertunjukan wayang ini diunggah dalam kanal YouTube Gedang Mas dengan judul 'Dalang Menggugat_ Wayang Haram? Gus Miftah Terbaru 2022'.

Kisah dalam pertunjukan wayang itu penuh kontroversial. Selain dengan hadirnya sosok Ustaz Khalid Basalamah dalam wayang yang mengenakan jubah merah muda dan memakai peci serta berjenggot, alur cerita kisah wayang tersebut juga kontroversi.

Gus Miftah menegaskan, Pesantren Ora Aji hanya menggelar pertunjukan wayang saja. Sementara alur cerita diserahkan sepenuhnya kepada dalang.

Baca Juga
Gus Miftah Buka Suara Soal Wayang Mirip Ustaz Khalid Basalamah

"Soal konten, atau lakon, atau atraksi di dalam pertunjukan wayang, itu merupakan domain dan wilayahnya dalang itu sendiri. Jadi isinya tentang apa, itu kita hanya dikasih lakonnya saja," kata Gus Miftah, Senin 21 Februari 2022.

"Tetapi pertunjukannya seperti apa itu ya urusan dalang bukan urusan saya dan saya tidak bisa intervensi itu. Itu sudah merupakan kebiasaan, bahwa atraksi panggung atau atraksi dalam pertunjukan wayang itu urusan dalang," ujarnya.

Dalam suatu adegan dalam pertunjukan wayang tersebut, terlihat wayang Ustaz Khalid bertemu dengan sejumlah tokoh pewayangan, seperti Arjuna, Gatot Kaca, hingga Hanoman.

"Dimusnahkan," kata Dalang Ki Warseno membuka percakapan ketika Wayang Ustadz Khalid muncul pertama kali.
Kehadiran wayang Ustaz Khalid itu pun membuat penonton tertawa.

Dalam dialog lainnya terdengar dalang Ki Warseno memainkan percakapan antara wayang ustaz Khalid Basalamah dengan karakter wayang lain. "Mau ke Sarkem, Mas?"

Baca Juga
Wayang Ustaz Khalid Muncul di Gelaran Wayang Gus Miftah: Diajak ke Sarkem

"Innalillahi," jawab Wayang Ustadz Khalid.

"Piye kok, wong Gus Mifta ditawari purun, bar pengajian (Bagaimana ini, Gus Miftah saja ditawari mau sehabis pengajian. Wooo bosok, as*."

Sarkem merupakan salah satu tempat lokalisasi prostitusi bernama Pasar Kembang di Yogyakarta.

Setelah itu ada juga adegan dimana wayang Ustaz Khalid bertemu dengan karakter wanita yang digambarkan sebagai pekerja seks komersil.

"Ah sunnah Rasul," ucap Dalang Ki Warseno saat memainkan wayang Ustaz Khalid.

"Ya jangan segitu dong," kata karakter wayang perempuan.

Baca Juga
Polemik Wayang Harus Dimusnahkan, Ustaz Khalid Basalamah Klarifikasi dan Minta Maaf

"Ana cuman bawa lima real. Masak tidak bisa?" jawab Wayang Ustadz Khalid.

"Ya jangan segitu, masak lima real. Saya kerja dari pagi sampai pagi ini belum dapat-dapat ini."

"Kalau begitu saya undakan ya."

"Undakan itu bahasa apa, Mas?"

"Saya kasih peningkatan. InsyaAllah tidak jadi saya musnahkan. Kita ijab kobul."

Dalang Ki Warseno lalu memainkan seolah-olah Wayang Ustadz Khalid merangkul karakter wayang perempuan.

Pada adegan terakhir, wayang Ustaz Khalid bertemu dengan karakter Baladewa. Di adegan ini, pasukan Baladewa kemudian menghancurkan wayang Ustaz Khalid.

Lihat videonya di bawah ini:

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait