Gus Miftah Buka Suara Soal Wayang Mirip Ustaz Khalid Basalamah

  • Arry
  • 21 Feb 2022 16:10
Gus Miftah(gusmiftah/instagram)

Gus Miftah menggelar acara wayang kulit di Pondok Pesantren Ora Aji miliknya pada Jumat 18 Februari 2022. Pertunjukan wayang ini mendapat sorotan lantaran adanya wayang yang mirip ustaz Khalid Basalamah.

Pertunjukan wayang dipimpin dalang Ki Warseno. Pertunjukan wayang ini diunggah dalam kanal YouTube Gedang Mas dengan judul 'Dalang Menggugat_ Wayang Haram? Gus Miftah Terbaru 2022'.

Dalam video tersebut terlihat adanya wayang menggunakan peci dan berjenggot. Selain itu, wayang tersebut tampak mengenakan jubah warna merah muda. Wajah wayang tersebut mirip Ustaz Khalid Basalamah.

Pada tayangan akhir video tampak wayang berwajah Ustaz Khalid hancur dihajar pasukan Baladewa.

Baca Juga
Wayang Ustaz Khalid Muncul di Gelaran Wayang Gus Miftah: Diajak ke Sarkem

Gus Miftah menjelaskan soal pertunjukan wayang tersebut. Menurutnya, Ponpes Ora Aji di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kerap menggelar pertunjukan wayang. Namun sempat mandek akibat pandemi.

"Yang pertama bahwa saya itu nanggap wayang dari 2012, artinya memang Ponpes Ora Aji itu rutin menggelar pentas wayang cuma berhenti karena persoalan pandemi," kata Gus Miftah kepada wartawan, Senin, 21 Februari 2022.

"Jadi kalau dimaknai pentas wayang itu merupakan reaksi atau respons dari apa yang terjadi saat ini saya pikir kurang pas," ujarnya.

Baca Juga
Gus Baha: Sunan Giri Sebut Wayang Haram, Sunan Kudus Minta Digepengkan

"Kemudian yang kedua, pentas terakhir kemarin yang kita lakukan itu karena permintaan teman-teman seniman untuk bisa urun rembuk di pondok saya yang kebetulan memang saya begitu care dengan soal seni dan budaya karena ada permintaan itu ya sebisa mungkin saya bantu," tegasnya.

"Soal konten, atau lakon, atau atraksi di dalam pertunjukan wayang, itu merupakan domain dan wilayahnya dalang itu sendiri. Jadi isinya tentang apa, itu kita hanya dikasih lakonnya saja," ucapnya.

"Tetapi pertunjukannya seperti apa itu ya urusan dalang bukan urusan saya dan saya tidak bisa intervensi itu. Itu sudah merupakan kebiasaan, bahwa atraksi panggung atau atraksi dalam pertunjukan wayang itu urusan dalang," ujarnya.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait