Pesawat Pilatus Smart Aviation Tergelincir dan Tabrak Rumah Warga di Papua

  • Arry
  • 26 Feb 2022 17:38
Pesawat jenis pilatus milik Smart Cakrawala Aviation tergelincir dan tabrak rumah warga di Papua(ist/ist)

Pesawat jenis Pilatus milik Smart Cakrawala Aviation tergelincir saat mendarat di lapangan terbang perintis Kampung Bayabiru, Kabupaten Paniai, Papua, Sabtu, 26 Februari 2022.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal, menjelaskan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.0 WIT. Saat itu, pesawat Smart Aviation membawa 4 penumpang yakni Niko, Bongga, Derika, dan Arjuni.

"Ketika sedang landing tiba-tiba pesawat tergelincir dan ban kanan pesawat masuk parit serta baling-baling pesawat depan menabrak pemukiman penduduk yang berada di sekitar Lapter," kata Kombes Kamal dalam keterangannya, Sabtu, 26 Februari 2022.

Baca Juga
Geser Susi Air di Hanggar Bandara Malinau, Bos Maskapai Buka Kontrak Smart Aviation

Kamal menjelaskan, pesawat Smart Aviation itu terbang dari Bandara Nabire. Pesawat dikemudikan Kapten Pilot David Alonso dan Kapten Febrian Sehatapi. Namun saat tiba di lapangan terbang Kampung Bayabiru, pesawat tergelincir.

"Akibat dari kecelakaan tergelincirnya pesawat Pilatus tersebut tidak terdapat korban jiwa baik yang luka-luka maupun meninggal dunia," jelasnya.

Kamal menduga tergelincirnya pesawat itu karena landasan bandara dalam kondisi licin akibat hujan yang mengguyur wilayah tersebut. Selain itu kondisi landasan juga tidak rata sehingga membuat pesawat tergelincir.

Baca Juga
Smart Aviation Tawarkan Berbagi Hanggar Bandara Malinau dengan Susi Air

"Kasus Pesawat tergelincir tersebut sudah ditangani oleh Sat Reskrim Polres Paniai," ucapnya.

Saat ini kru pesawat dan penumpang yang terdampak kecelakaan tersebut sudah dievakuasi dengan menggunakan helikopter dari Bayabiru untuk pergi ke Nabire.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait