Sudah 2 Kali Diminta Jokowi Mudik ke Indonesia, Ainun Najib Minta Syarat Ini

  • Arry
  • 2 Mar 2022 09:57
Pemuda Nahdlatul Ulama, Ainun Najib(nu online/nu.or.id)

Ainun Najib kembali diminta pulang ke Indonesia oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Tokoh muda Nahdlatul Ulama itu pun meminta hal ini ke Presiden.

Sebelumnya Jokowi meminta Ainun Najib mudik ke Indonesia saat peringatan HUT NU. Kini, Jokowi kembali meminta Ainun Najib untuk kembali ke Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat meresmikan Sea Labs Indonesia yang disiarkan secara virtual, pada Selasa 1 Maret 2022. Dalam acara itu, Jokowi juga meminta talenta teknologi Indonesia lainnya yang berkarier di luar negeri untuk kembali ke Indonesia.

Tiga talenta lainnya adalah Veni Johanna, Chairuni Aulia Nusapati, dan Rangga Garmastewira. Namun, saat sesi bincang-bincang, Jokowi langsung menodong Ainun Najib untuk pulang ke Indonesia.

"Ke Mas Ainun, ini saya udah kenal lama sekali. Saya mau tanya, gimana sih agar Chai, Veni, Rangga, dan termasuk Ainun ini mau pulang ke Indonesia?" tanya Jokowi kepada Ainun.

Baca Juga
Presiden Jokowi Minta Ainun Najib Pulang ke Indonesia, Siapa Dia?

Ainun akhirnya menjawab kenapa belum juga mudik ke Indonesia. Ternyata ada dua keluhan yang diinginkan para diaspora teknologi jika ingin berkarier di Indonesia.

"Enggeh enggeh, kuncinya dua mawon pak. Opportunity dan stability. Opportunity ini Indonesia sudah punya banyak sekali opportunity sebagai market besar ketiga di dunia. Stability ini mungkin agak tricky," kata Ainun.

"Jadi stability mungkin itu masih diperbaiki di Indonesia," ujarnya.

Baca Juga
Jokowi Pusing Lihat Gaji Ainun Najib di Singapura, Segini Besarannya

Ainun Najib juga beralasan kenapa belum juga mudik ke Indonesia. Alasan lainnya adalah soal pendidikan anak-anaknya.

"Terus kalau saya pribadi itu pertimbangannya pendidikan anak-anak pak. Saya nggak mau kalah pak dengan putra putra panjengenan pak, pendidikan di luar juga," sebut Ainun.

Meski demikian, Ainun menyatakan diaspora teknologi Indonesia tidak akan lupa pada Tanah Air. Dia yakin para diaspora tetap memberikan manfaat bagi teknologi di Indonesia.

Menurutnya ada tiga manfaat. Pertama, diaspora teknologi dapat memberikan inspirasi kepada talenta muda. Kedua, para diasporan juga dapat memberikan arahan dan juga saran-saran lewat pengalamannya bila ada masalah terjadi di Indonesia.

Baca Juga
Diminta Jokowi Mudik ke Indonesia, Ainun Najib: Belum Ada Pendekatan

"Yang ketiga ini manfaat eksekusi, ini kami bisa juga kok dari jauh pak, kami sering lakukan inisiatif sama-sama teman diaspora. Misalnya 'Kawal-kawalan' yang kami buat itu, kan sebetulnya juga anak-anak diaspora yang cinta tanah air yang membuat," ujar Ainun.

"Jadi meski fisik nggak bisa kembali, hati kami itu bersama dengan Indonesia pak," tegasnya.

Meski demikian, Jokowi tetap berharap agar Ainun dan kawan-kawannya mau kembali ke Indonesia.

"Harapan saya tetap satu, pulang semua aja lah. Pulang. Di sini sudah banyak sekarang, ada opportunity kok di sini perusahaan gede ada semuanya. Saya rasa itu saja, semangat semuanya, selamat bekerja, terima kasih," pungkas Jokowi.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait