Sosok Lin Che Wei, Ekonom Andal yang Kini Terjerat Korupsi Minyak Goreng

  • Arry
  • 18 Mei 2022 15:29
Ekonom Lin Che Wei(ist/ist)

Ekonom Lin Che Wei resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi minyak goreng. Lin Che Wei dinilai telah bekerja sama dengan tersangka Wisnu Wardhana memberikan izin ekspor minyak goreng untuk berbagai perusahaan.

Keterkaitan Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjati dengan kasus ini lantaran dia menjadi penasihat kebijakan atau analisa pada Independent Research & Advisory Indonesia di Kementerian Perdagangan.

"Satu orang tersangka yang dilakukan penahanan yaitu LCW alias WH (Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjati) selaku pihak swasta yang diperbantukan di Kementerian Perdagangan RI," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung (Kapuspenkum), Ketut Sumedana.

Lin Che Wei dijerat dengan Pasal 2 jo Pasal 3 jo Pasal 18 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Baca juga
Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Jadi Tersangka Mafia Minyak Goreng

Siapa sih Lin Che Wei?

Lin Che Wei dikenal sebagai salah satu ekonom andal di Indonesia. Pria kelahiran Bandung, 1 Desember 1968 itu adalah lulusan Universitas Trisakti dan Magister Administrasi Bisnis dari Universitas Nasional Singapura.

Lin Che Wei mengawali kariernya di sejumlah perusahaan internasional seperti Deutsche Bank Group dan Societe Generale. Dia pernah mengeluarkan analisis kontroversial soal skandal Bank Lippo. Akibatnya, dia harus berurusan dengan pengadilan dan dituntut Rp103 miliar.

Baca juga
Beredar Foto Tersangka Mafia Minyak Goreng Bareng Moeldoko Saat Hitung Suara Jokowi

Dia mulai terlibat dalam pemerintahan saat menjadi panelis dari pasangan calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla pada Pilpres 2004.

Dia pun sempat menjabat sebagai staf khusus dari Menteri Negara BUMN Sugiharto dan Staf Khusus dari Menko Perekonomian Aburizal Bakrie.

Kemudian pada 2012, Lin Che Wei menjadi anggota tim asistensi Menko Perekonomian Sofyan Djalil hingga policy advisor Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Baca juga
Perusahaan Tersangka Mafia Minyak Goreng Jadi Sponsor Persis Solo, Kaesang Buka Suara

Selain di pemerintahan, nama Lin Che Wei juga pernah tercatat sebagai CEO Putera Sampoerna Foundation pada Agustus 2007 hingga 2008. Setelah itu, Lin Che Wei mendirikan perusahaan di bidang corporate advisory and research di bawah bendera PT Independent Research Advisory Indonesia.

Pada 2012, Lin Che Wei menjadi investro Katadata, sebuah media daring dan riset di bidang ekonomi.

Lin Che Wei juga pernah menerima sejumlah penghargaan seperti Tasrif Award dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Penghargaan ini didapat usai LCW mengeluarkan analisis soal Bank Lippo.

 

Artikel lainnya

Berita Terkait