MUI Jabar: Ridwan Kamil dan Atalia Ikhlas dan Yakini Eril Meninggal Karena Tenggelam

  • Arry
  • 3 Jun 2022 06:23
Ridwan Kamil bersama istrinya Atalia Praratya dan dua anaknya Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril serta Camilla Laetitia Azzahra alias Zara(@emmerilkahn/instagram)

Majelis Ulama Indonesia atau MUI Jawa Barat mengeluarkan surat imbauan kepada warga agar menunaikan salat gaib untuk anak Gubernur Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz. Ada alasan penting terkait imbauan ini.

Dalam pertimbangan pertama, disebutkan, Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya, yakin Eril, panggilan akrab Emmeril, telah meninggal dunia karena tenggelam.

"Bapak Moch. Ridwan Kamil beserta Isteri sudah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa ananda tercinta Emmeril Kahn Mumtadz sudah meninggal dunia karena tenggelam," tulis surat tersebut dikutip Jumat, 3 Juni 2022.

Baca juga
MUI Jawa Barat: Keluarga Ridwan Kamil Ikhlas Kondisi Eril, Warga Diimbau Shalat Gaib

Dalam surat itu, MUI juga mengungkapkan, pihak otoritas Swiss, melalui Kedutaan Besar RI telah mengubah status pencarian Eril. Sebelumnya statusnya adalah mencari orang hilang, kini menjadi mencari orang tenggelam.

Surat MUI Jawa Barat

"Dari yang tadinya berstatus mencari orang yang hilang (missing person) menjadi status mencari orang yang tenggelam (drowned person). Hai in mengisyaratkan bahwa orang yang dicari dimungkinkan sudah meninggal dunia," tulis surat itu.

Atas dasar itu, MUI mengimbau agar warga Jawa Barat melaksanakan salat gaib, sebagai pengganti salat jenazah.

"MUI Provinsi Jawa Barat menyerukan kepada seluruh masyarakat muslim untuk melakukan salat gaib atas almarhum Emmeril Kahn Mumtadz pada hari Jumat 3 Juni 2022 di setiap masid atau musala, Bisa dilakukan sebelum salat Jumat bisa juga dilakukan ba'da salat Jumat," tulis MUI.

Baca juga
Ridwan Kamil dan Atalia Susuri Bantaran Sungai Aare Untuk Mencari Eril

Eril hilang sejak 26 Mei 2022 siang waktu setempat. Saat itu putra sulung Ridwan Kamil itu tengah berenang dengan adiknya Camillia Laetitia Azzahra dan seorang temannya.

Namun, Zara dan temannya berhasil diselamatkan penduduk setempat. Sedangkan Eril gagal diangkat ke darat.

Pencarian sudah mulai dilakukan sejak hari kejadian hingga Kamis 2 Juni 2022 waktu setempat. Namun sudah satu pekan lebih pencarian, Eril belum juga ditemukan.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait