Mediator Ungkap Kejanggalan Mas Bechi: Perintahkan Santri Merokok dengan Rokok Khusus

  • Arry
  • 11 Jul 2022 21:47
Mas Bechi alias Moch Subchi Azal Tsani, anak kiai ternama Jombang yang jadi tersangka kasus pencabulan santriwati(ist/ist)

Sejumlah kejanggalan dari Mas Bechi alias Moch Subchi Azal Tsani atau MSAT dibongkar sosok yang mengaku mediator. Dia adalah Syaripudin S Pane.

Syaripudin adalah sosok yang mengaku ditunjuk mas Bechi untuk 'menyelesaikan' kasus yang menjeratnya. Sebab, dia dinilai dekat dengan salah satu petinggi Polda Jawa Timur.

Menurut Syaripudin, banyak kejanggalan yang dia temui di Pesantren Shiddiqiyyah Ploso, Jombang, yang merupakan ponpes milik ayah mas Bechi, KH Muhammad Mukhtar Mukhti.

Syaripudin menjelaskan, para santri di Ponpes Shiddiqiyyah selalu dijadikan alat untuk melindungi mas Bechi. Bahkan MSAT menganggap dirinya raja, sehingga para santri dan santriwati harus menuruti seluruh perkataannya.

Baca juga
Menguak Ilmu Metafakta yang Dipakai Mas Bechi Alias MSAT Untuk Cabuli 5 Santriwati

Salah satu perintah mas Bechi yang harus dituruti adalah soal perintah merokok. Mas Bechi meminta para santri merokok dengan dalih kesehatan. Rokok yang dihisap pun harus berasal dari bisnis yang dijalankan MSAT dan keluarganya.

"Karena dia punya usaha rokok kesehatan, santriwatinya itu merokok depan saya, depan Mas Bechi. Dia beralasan karena diajarkan supaya sehat dengan rokok saya," kata Syaripudin.

Selain itu, Syaripudin juga mengungkapkan sejumlah keanehan di Ponpes Shiddiqiyyah. Salah satunya, mas Bechi sering mengabaikan sholat lima waktu.

"Waktu saya kumpul dengan Bechi di studionya dan berkumandang azan, saya tanya kenapa tidak salat, jawab dia bahwa salat itu urusan Allah dengan umatnya. Sedangkan kan salat itu kewajiban menurut saya," tambah Syaripudin.

Baca juga
Mengenal Kiai Mukhtar, Ayah Mas Bechi Buronan Kasus Pencabulan Santriwati di Jombang

Mengenai rokok, pendamping korban pencabulan mas Bechi, Nun Sayuti membenarkannya. Menurutnya, banyak santri dan wantriwati anggota Ponpes Shiddiqiyyah yang mengonsumsi rokok yang berasal dari usaha milik Bechi.

"Banyak yang mengonsumsi rokoknya. Dia bilang rokok obat, itu sebenarnya sudah menyalahi regulasi. Kalau pemerintah mau tegas, rokok itu kan salah satu sumber penyakit, nah bagaimana bisa merokok itu justru mengobati penyakit. Ini pembodohan publik," tegas Nun.

"Karena dengan rokok itu dia bisa bertahan finansialnya. Sampai hari ini dia masih bisa berdiri ya dari penghasilan menjual rokok," tambah Nun.

Baca juga
Mas Bechi Terancam 12 Tahun Penjara, Jaksa Singgung Pidana Kebiri

Dalam kesempatan itu, Syaripudin menceritakan awal mula kenal dengan mas Bechi. Menurutnya, dia kenal dengan MSAT dari seorang sutradara terkenal. Sosok sutradara itu menyebut mas Bechi sebagai guru spiritualnya.

Dalam pertemuan itu, Syaripudin diminta membantu masalah Bechi di Polda Jawa Timur. Hal ini lantaran dirinya dinilai memiliki kedekatan dengan mantan pejabat tinggi di Polda Jawa Timur.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait