Daftar 5 Negara yang Pertama Kali Akui Kemerdekaan Indonesia

  • Arry
  • 17 Agt 2022 08:12
Presiden Soekarno membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia(kemendikbud/kemdikbud.go.id)

Indonesia resmi memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan ini tidak diraih dengan mudah. Butuh perjuangan dari para pahlawan untuk meraih kemerdekaan ini.

Usai proklamasi itu, ada sejumlah negara yang langsung mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. Negara mana saja?

Pengakuan dari negara lain merupakan syarat sah dari berdirinya sebuah negara. Hal ini didasarkan pada Hukum Internasional dalam Pasal 1 Konvensi Montevideo Convention on Rights and Duties of States tahun 1933.

Dalam aturan itu disebutkan ada empat syarat agar negara bisa diakui. Yakni mempunyai populasi manusia yang tetap, memiliki daerah teritorial yang stabil, membentuk struktur pemerintahan berdaulat, dan memperoleh pengakuan dari negara lain.

Baca juga
Sempat Dibuang Soekarno, Begini Sejarah Naskah Proklamasi

Indonesia pun langsung mewujudkan syarat keempat tersebut. Memang butuh perjuangan agar negara-negara lain mau mengakui keberadaan Indonesia. Sebab, ada pula negara yang tidak mau mengaui kemerdekaan Indonesia.

Melansir dari Gramedia, berikut negara-negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia:

  1. Mesir
    Mesir menjadi negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia. Negara yang terkenal dengan Piramida dan Sphinx itu mengakui kedaulatan Indonesia pada 22 Maret 1946.
  2. Suriah
    Meski Indonesia sudah memproklamasikan kemerdekaannya, namun Belanda masih gencar melakukan agresi militer. Persoalan ini pun sampai dibahas di Perserikatan Bangsa Bangsa. Salah satu negara yang mengusung isu ini adalah Suriah.
  3. Lebanon
    Lebanon menjadi negara ketiga yang memberikan pengakuan secara de jure kedaulatan Indonesia. Pengakuan ini disampaikan pada 29 Juli 1947. Sejak saat itu, hubungan Indonesia dan Lebanon terus terjaga hingga saat ini.
  4. Yaman
    Negara Liga Arab lainnya yang mengakui kemerdekaan Indoensia adalah Yaman. Mereka memberikan pengakuan kedaulatan Indonesia pada 3 Mei 1948.
  5. Arab Saudi
    Arab Saudi menjadi negara selanjutnya yang mengakui kedaulatan Indonesia. Hubungan Indonesia dan Saudi ini pun terus terjaga sejak 1950.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait