Kronologi Tragedi Kanjuruhan Versi Polisi: Gas Air Mata Ditembak ke Tribun Penonton

  • Arry
  • 2 Okt 2022 11:07
Gas air mata ditembak ke tribun penonton dalam Tragedi Kanjuruhan(ist/ist)

Tragedi Kanjuruhan menjadi tragedi terburuk sepakbola Indonesia. Lebih dari 130 orang dilaporkan tewas dan bisa terus bertambah.

Peristiwa ini terjadi usai duel Arema FC vs Persebaya Surabaya di ajang Liga 1 pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Berikut kronologi Tragedi Kanjuruhan versi polisi:

1. Pukul 21.58 Wib setelah pertandingan selesai, pemain dan official Persebaya Surabaya dari lapangan masuk ke dalam kamar ganti pemain dan dilempari oleh aremania dari atas tribun dengan botol air mineral, air mineral gelas, dll

Baca juga
Kronologi Tragedi Kanjuruhan, 127 Suporter Tewas: Panik Gegara Gas Air Mata

2. Pukul 22.00 Wib, saat pemain dan official Pemain Arema FC dari lapangan berjalan masuk menuju kamar ganti pemain, suporter Arema (aremania) turun ke lapangan dan menyerang pemain, official Arema FC. Mengetahui hal tersebut petugas keamanan berusaha melindungi pemain hingga masuk ke dalam ruang ganti pemain.

3. Selanjutnya aremania yang turun ke lapangan semakin banyak dan menyerang aparat keamanan, karena aremania semakin brutal dan terus menyerang aparat keamanan serta diperingatkan beberapa kali tidak dihiraukan, kemudian aparat keamanan mengambil tindakan dengan menembakkan gas air mata ke arah Lapangan, Tribun Selatan (11, 12, 13) dan Tribun Timur (Tribun 6).

Gas air mata ditembak ke tribun penonton

4. Setelah penembakan Gas air mata, Suporter yang berada di Tribun berusaha keluar Tribun melalui pintu Tribun secara bersamaan sehingga berdesakan - desakan, banyak yang tergencet dan terjatuh serta mengalami sesak nafas.

5. Sementara itu pemain Persebaya Surabaya memasuki Kendaraan Baracuda dan akan bergerak meninggalkan Stadion, dengan Pengawalan Sat Lantas, Brimob dan TNI, namun dihadang oleh Aremania dengan melakukan pembakaran Barier Lantas, Pagar dan 2 kendaraan R4 Pribadi milik anggota Polri serta Truck Dalmas Sat Brimob.

6. Selain melakukan pembakaran, Aremania juga melakukan penyerangan Personel pengawalan dengan menggunakan Batu, botol dan Kayu, sehingga kendaraan rombongan pemain Persebaya tertahan di jalur jalan keluar.

7. Untuk menghalau massa yang anarkhis, dilakukan upaya pembubaran dengan penembakan Gas Air mata, namun massa tidak bergeming dan semakin menyerang Aparat keamanan.

8. Akibat kejadian di dalam Tribun Stadion tersebut banyak korban yang mengalami sesak napas dan lemas di evakuasi ke Unit Kesehatan Stadion Kanjuruhan, namun untuk mengevakuaai ke RS terhambat oleh aksi Aremania di Pintu masuk Stadion.

Baca juga
Tragedi Kanjuruhan, Liga Indonesia Dihentikan Sementara

9. Pada Saat bersamaan dilakukan evakuasi dengan menggunakan mobil Ambulans dan bisa dibukakan jalan oleh Massa Aremania, namun karena banyaknya korban dan Ambulance kurang, maka evakuasi korban dengan menggunakan kendaraan Dinas Kasat Lantas, Kendaraan Grand max Polsek Jajaran, Truck Dalmas Polres, Truck Dalmas Brimob dan TNI,namun dalam perjalanan juga dilempari batu dan dihadang oleh Aremania.

10. Setelah Aremania mengetahui banyak korban yang dievakuasimenggunakan kendaraan Dinas TNI - Polri, akhirnya tekanan massaAremania sedikit berkurang ketiga ada kendaraan Dinas melakukan
Evakuasi korban melintas.

11. Ketika tekanan massa Aremania mulai berkurang, selanjutnya kendaraanWater Canon Polres Malang bergerak maju untuk memadamkan api dan diikuti oleh rombongan Kendaraan Baracuda Pemain Persebaya
Surabaya, kendaraan Pengawalan dari TNI dan Brimob, sehingga rombongan kendaraan Pemain Persebaya Surabaya serta Petugas Pengawalan bisa bergerak meninggalkan Stadion Kanjuruhan.

12. Setelah rombongan kendaraan Pemain Persebaya meninggalkan Stadion, Kanjuruhan, massa Aremania mulai mencair dan meninggalkan lokasi depan Pintu masuk Stadion.


Akibat insiden ini, Aremania dan aparat keamanan yang luka dan menjadi korban dibawa ke sejumlah rumah sakit yakni:

  1. RS Kanjuruhan Kepanjen
  2. RS Wava Husada Kepanjen
  3. RS Hasta Husada Kepanjen
  4. RS / Klinik Teja Husada Kec. Kepanjen
  5. RS Ben Mari Pakisaji
  6. RSI Gondanglegi
  7. Puskesmas Gondanglegi
  8. RSU Pindad Turen
  9. RS Salsabila Jatikerto Kec. Kromengan.
  10. RSBK Turen
  11. RSSA Kota Malang.
  12. RS Bhayangkara Hasta Brata Kota Batu.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait