Ahli Forensik Ungkap Brigadir J Ditembak 7 Kali, Ada yang Kena Otak

  • Arry
  • 19 Des 2022 19:20
Rekonstruksi penembakan Brigadir J(polri tv radio/youtube)

Dokter RS Polri Bhayangkara mengungkapkan luka tembak yang dialami Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. Menurutnya ada 7 luka tembak masuk ke tubuh Yosua. Salah satunya mengenai otak.

Hal tersebut diungkap Farah Primadani saat hadir dalam sidang perkara pembunuhan Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 19 Desember 2022.

Farah menjelaskan, pemeriksaan autopsi terhadap jenazah Brigadir J dilakukan pada 8 Juli 2022. Atau setelah Yosua tewas dibunuh.

"Sesuai permintaan penyidik yaitu pemeriksaan luar dan pemeriksaan autopsi," kata Farah.

Farah mengungkapkan luka tembak yang terdapat di jenazah Yosua. Menurutnya, ada luka tembak masuk serta luka tembak keluar.

"Kami temukan 7 luka tembak masuk dan 6 luka tembak keluar," ujar Farah.

Baca juga
Jari Brigadir J Putus dan Ada Luka Sayatan, Polisi Buka Hasil Autopsi

Berikut rinciannya:

  1. Kepala bagian belakang sisi kiri: peluru menembus rongga kepala, mengenai tulang tengkorak kemudian otak, tembus ke atap tulang tengkorak, keluar di bagian hidung
  2. Bibir bagian bawah sisi kiri: peluru masuk mengenai rahang bagian bawah sisi kanan, mematahkan tulang rahang, keluar di leher bagian kanan
  3. Puncak bahu kanan: peluru tembus dan keluar di lengan kanan atas sisi luar
  4. Dada sisi kanan: mengenai iga ketiga dan keempat bagian kanan depan, menembus rongga dada hingga merobek paru-paru, bersarang pada iga kedelapan kanan belakang [peluru tidak keluar]
  5. Pergelangan tangan kiri sisi belakang: keluar di bagian depan
  6. Kelopak bawah mata kanan sisi luar: keluar di bagian dalam dari kelopak bawah mata kanan
  7. Jari manis tangan kiri: peluru masuk dari sisi dalam, keluar pada sisi keluar

Ketua Perhimpunan Dokter Forensik Indoensia (PDFI), Ade Firmansyah Sugiharto, juga dihadirkan menjadi ahli. Ade yang memimpin autopsi ulang terhadap jenazah Yosua beberapa hari setelah dimakamkan.

Baca juga
Hasil Autopsi Ulang Brigadir J: 5 Luka Tembak, 1 Peluru Bersarang

Ada juga mengungkapkan ada luka tembak masuk dan keluar dari jenazah Yosua. Namun, jumlahnya berbeda dari yang dijelaskan Farah.

"Ada 5 luka tembak masuk dan 4 luka tembak keluar," ujar Ade.

Berikut rincian luka tembak masuk:

  1. Kepala belakang sisi kiri
  2. Bibir bawah sisi kiri
  3. Puncak bahu kanan
  4. Dada sisi kanan
  5. Lengan bawah kiri bagian belakang

Baca juga
11 Hasil Autopsi Brigadir J Versi Pengacara: Retakan Tengkorak Hingga Otak di Perut

Menurut Ade, ada beberapa hal yang menyebabkan perbedaan itu terjadi. Seperti lintasan anak peluruyang menyebabkan dua luka.

"Peluru yang masuk pada lengan bawah kiri bagian belakang bisa menembus jari manis dan kelingking. Sehingga itu satu lintasan," ujar dia.

"Ketika anak peluru masuk ke kepala bagian belakang sisi kiri, dia akan keluar pada hidung, dan dia sesuai informasi yang kami dapatkan terkait di TKP, maka kami lihat itu dia akan memantul di lantai kemudian mengenai pipi kanan," ungkap Ade.

Untuk diketahui Brigadir J tewas ditembak di rumah dinas Kadiv Propam Polri di Kompleks Polri Duren Tiga pada 8 Juli 2022. Ada lima terdakwa dalam kasus ini, mereka adalah Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal.

Baca juga: Messi Resmi Jadi GOAT, Lebih Hebat Dibanding Pele Hingga Maradona?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait