Segera Ganti Kartu Debit BCA Anda dengan Debit Chip

  • Arry
  • 18 Sep 2021 07:26
Kartu Paspor BCA(bca/bca.co.id)

Bank Centra Asia mengingatkan kepada nasabahnya yang masih memegang kartu debit lama segera mengganti menjadi kartu debut chip. Kartu yang lama dipastikan tidak dapat dipergunakan mulai 1 Januari 2022.

Penggantian kartu menjadi kartu chip itu sesuai dengan Surat Edaran dari Bank Indonesia dengan nomor 17/52/DKSP. “Perubahan berdasarkan kebijakan dari BI yang berlaku untuk semua bank, tidak hanya BCA saja,” tulis pengumuman BCA.

Untuk mengganti kartu debit berbasis chip cukup mudah. Ada tiga cara yang bisa dilakukan nasabah untuk mengganti kartu debit lama sebelum 31 Desember 2021.

Pertama, nasabah bisa menghubungi Halo BCA di 1500888. Layanan ini telah berfungsi sejak 9 September lalu.

Baca Juga:
3 Tips Hindari Penipuan Atas Nama Bank BCA

Cara kedua, nasabah bisa melakukan melalui CS Digital BCA. Ini merupakan layanan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan melalui mesin secara self service di cabang.

Cara ketiga, bisa mengunjungi langsung kantor BCA terdekat. Nanti, petugas akan membantu nasabah mengganti kartu yang prosesnya tidak akan memakan waktu lama.

Perlu dicatat, seluruh proses penggantian kartu tidak dikenakan biaya apa pun alias gratis. Nasbaah pun hanya perlu membawa eKTP dan kartu paspor BCA lama.

Apa keuntungan dari kartu debit chip?

Kartu debit berbasis chip nantinya tidak hanya berfungsi untuk transaksi di ATM atau mesin EDC saja. Tapi bisa juga digunakan untuk berbagai transaksi daring (online).

“Bisa digunakan untuk transaksi online jika mengaktifkan fitur Debit Online di BCA mobile (khusus yang berlogo mastercard),” kata BCA.

Keuntungan lainnya adalah, kartu debit chip lebih aman dari risiko pencurian data dan skimming. "Semakin cepat penggantian kartu dilakukan maka akan semakin baik untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi," tulis BCA.

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait