Bekas Penyidik KPK dan Pengacara Ferdy Sambo Terseret Kasus Korupsi Kementan

  • Arry
  • 2 Okt 2023 09:50
Pengacara Putri Candrawathi, Febri Diansyah, saat persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan(inews/youtube)

Mantan penyidik KPK yang juga bekas pengacara Ferdy Sambo, Rasamala Aritonang, serta bekas Juru Bicara KPK yang juga mantan pengacara Putri Candrawathi, Febri Diansyah, terseret kasus korupsi di Kementerian Pertanian.

Mereka pun kini dipanggil untuk diperiksa terkait dugaan korupsi di Kementerian pimpinan Syahrul Yasin Limpo. Selain Febri dan Rasamala, KPK juga memanggil bekas pegiat LSM antikorupsi, Donal Fariz, dalam kasus ini.

Febri, Rasamala, dan Donal Fariz diketahui kini tergabung dalam kantor pengacara Visi Law Office.

"Sebagai bagian pengumpulan alat bukti oleh Tim Penyidik KPK, pemanggilan berbagai pihak sebagai saksi sudah mulai teragendakan," kata Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 2 Oktober 2023.

Baca juga
KPK Sebut Ada Upaya Pemusnahan Bukti Korupsi di Kantor Mentan Syahrul Yasin Limpo

Ali gtidak menjelaskan kaitan Febri Diansyah Cs ini dalam kasus korupsi di Kementan. Dia menyatakan, pemanggilan untuk keperluan pengumpulan barang bukti.

"Pemanggilan para saksi ini tentu sebagai kebutuhan proses penyidikan yang sedang KPK selesaikan," tutur Ali.

Dalam pengusutan kasus korupsi di Kementan, KPK telah menggeledah rumah dinas dan kantor Menteri Syahrul Yasin Limpo. Penggeledahan dilakukan pada pekan lalu.

Baca juga
Bendahara Nasdem Ahmad Sahroni Ungkap Mentan Syahrul Yasin Limpo Jadi Tersangka KPK

KPK menyita uang puluhan miliar rupiah dari rumah dinas Syahrul Yasin Limpo. Uang ini dalam bentuk rupiah dan mata uang asing.

Selain itu, KPK menemukan belasan senjata api di rumah politisi Nasdem tersebut. Kasus senpi kini ditangani Polda Metro Jaya.

KPK belum menjelaskan siapa yang sudah menjadi tersangka dalam kasus ini. Namun Mentan Syahrul Yasin Limpo disebut telah berstatus tersangka.

Artikel lainnya; Berpangkat Mayjen, Ini Alasan Soeharto Tak Masuk Daftar Penculikan G30S PKI

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait