Bos Alexis Alex Tirta Sewa Rumah di Kertanegara Rp650 Juta per Tahun Untuk Firli

  • Arry
  • 31 Okt 2023 20:00
Rumah Jaan Kertanegara Nomor 46 Jakarta Selatan yang diduga digunakan Firli Bahuri(ist/ist)

Teka teki rumah Ketua KPK Firli Bahhuri di Jl Kertanegara Nomor 46, Jakarta Selatan, mulai terkuak. Rumah tersebut ternyata disewa bos Hotel Alexis sekaligus Ketua Harian PP PBSI, Tirta Juwana Darmaji alias Alex Tirta.

Hotel Alexis diketahui sudah ditutup Anies Baswedan saat masih menjabat Gubenur DKI Jakarta pada 2017.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak menvgungkapkan, Alex Tirta menyewa rumah mewah itu dari seseorang berinisial E. E pun sudah diperiksa polisi.

"Pemilik rumah Kertanegara Nomor 46 Jaksel adalah E, dan yang menyewa rumah Kertanegara Nomor 46 Jaksel adalah Alex Tirta," ujar Ade, Selasa, 31 Oktober 2023.

Baca juga
Kasus Pemerasan ke SYL: Ketua KPK Firli Bahuri Minta Diperiksa di Bareskrim, Ada Apa?

Ade menjelaskan, Alex Tirta rela merogoh kantongnya ratusan juta rupiah per tahunnya. Namun belum diketahui sejak kapan rumah itu disewa Alex Tirta dan tujuan dia menyewakan rumah itu untuk digunakan Firli Bahuri.

"Sewa, ya, sekitar Rp 650 juta setahun," ungkapnya.

Ade menjelaskan, polisi sudah mengagendakan memeriksa Alex Tirta pada Rabu, 1 November 2023.

Untuk diketahui, rumah di Kertanegara nomor 46 ini ikut digeledah KPK terkait penyidikan kasus pemerasan pimpinan KPK terhaap Syahrul Yasin Limpo.

Baca juga
Eks Komisioner KPK Yakin Firli Bahuri Jadi Tersangka Usai Bertemu Syahrul Yasin Limpo

Rumah tersebut diduga digunakan sebagai salah satu lokasi pertemuan Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo di tengah pengusutan kasus korupsi di Keenterian Pertanian. SYL sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Pengacara Firli, Ian Iskandar, mengungkapkan, rumah tersebut disewa kliennya dengan dana dari kantong pribadi Ketua KPK itu. Rumah sengaja disewa Firli Bahuri sebagai tempat singgah dan dekat lapangan bulutangkis di PTIK.

"Enggak mahal (sewanya), itu rumah tua, cuma kamar yang dipakai untuk istirahat, kalau ada kegiatan di Jakarta. Lagi pula dekat lapangan bulu tangkis PTIK, tempat beliau main di sana," tuturnya.

Artikel lainnya: 6 Fakta Baru Kasus Bapak dan Balitanya Tewas Membusuk di Koja

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait