Jendela Pesawat Alaska Airlines Lepas Saat Mengudara, Penumpang: Ada Ledakan

  • Arry
  • 7 Jan 2024 10:42
Jendela pesawat Alaska Airlines terlepas saat mengudara(ist/ist)

Kejadian mengerikan dialami penumpang maskapai Alaska Airlines. Saat burung besi itu mengudara dari Bandara Portland, Amerika Serikat, jendela pesawat berjenis Boeing 737 Max 9 terlepas.

Pesawat itu terbang dari Bandara Portland pada Jumat, 5 Januari 2024 malam waktu setempat. Saat itu, pesawat tengah membawa 177 orang.

Saat beberapa menit pesawat tersebut mengudara, tetiba jendela dan bagian badan pesawat terlepas. Pilot kemudian memberitahukan pengatur lalu lintas udara Portland bahwa pesawatnya mengalami situasi darurat, kehilangan tekanan dan harus kembali ke bandara.

Akhirnya, pesawat itu harus melakukan pendaratan darurat di bandara negara bagian Oregon Amerika Serikat itu.

    Jendela pesawat Alaska Airlines terlepas saat mengudara

Data penerbangan menunjukkan, pesawat sempat menanjak hingga ketinggian 16.000 kaki atau 4.876 meter. Pesawat kemudian kembali ke Bandara Portland dan mendarat dengan selamat beserta seluruh penumpang dan enam awaknya.

“Menyusul insiden malam ini pada Penerbangan 1282, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan pencegahan dengan mengandangkan sementara armada kami, 65 pesawat Boeing 737-9,” ucap CEO Alaska Airlines Ben Minicucci dalam sebuah pernyataan.

“Kami meminta maaf kepada mereka yang berada di penerbangan ini atas apa yang mereka alami.”

Baca juga
Video Mengerikan Pesawat Japan Airlines Terbakar, 367 Penumpang Sempat Terjebak

Pihak Maskapai menyatakan akan mengandangkan pesawat dan menjalani perawatan. Inspeksi diperkirakan selesai dalam hitungan hari.

“Kami bekerja sama dengan Boeing dan regulator untuk memahami apa yang terjadi mala mini, dan akan membagikan perkembangan begitu informasinya tersedia,” imbuhnya.

Insiden ini viral di media sosial. Rekaman video dan foto memperlihatkan lubang besar di sisi kiri badan pesawat. Selain itu, para penumpang juga tampak mengenakan masker oksigen. Saat pesawat mendarat, para penumpang bertepuk tangan.

Jendela pesawat Alaska Airlines lepas saat mengudara

Penumpang bernama Evan Smith menggambarkan suasana saat jendela pesawat tiba-tiba lepas dari badan pesawat.

“Terdengar suara ledakan kencang di sisi kiri belakang. Lalu ada suara mendesing, dan seluruh masker oksigen langsung menggantung keluar, dan para penumpang segera mengenakannya,” tutur Evan Smith.

Artikel lainnya: Pukulan Petir Megawati Kembali Bikin Pemain Korsel Ambruk, Red Sparks Sikat Caltex

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait