Viral Lagi Video Omongan Jokowi: Kalau Debat Dilaporkan, Tak Usah Debat Saja

  • Arry
  • 11 Jan 2024 17:22
Jamuan makan siang Presiden Jokowi ke tiga bakal capres Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto(lukas/biro pers kesekretariatan presiden)

Capres noor urut 01, Anies Baswedan dilaporkan ke Bawaslu karena dinilai telah menyinggung capres nomor urut 02 Prabowo Subianto terkait tanah 240 ribu hektare. Pernyataan Anies itu dia lontarkan saat Debat Capres jilid II.

Kini, viral lagi ucapan Presiden Joko Widodo yang mengeluhkan dilaporkan ke Bawaslu buntut Debat Capres. Jokowi dilaporkan gegara kasus tanah Prabowo juga pada Debat Pilpres 2019.

Saat itu, Jokowi dilaporkan ke Bawaslu karena diduga menyerang Prabowo Subianto atas kepemilikan tanah yang dilontarkan dalam Debat Pilpres 2019 putaran kedua.

Mengutip pemberitaan CNN Indonesia, saat itu Jokowi dilaporkan oleh Tim Advokat Indonesia Bergerak. Jokowi dilaporkan karena diduga sengaja menyatakan soal tanah untuk menyerang pribadi Prabowo dalam debat.

Baca juga
Anies Baswedan Dilaporkan ke Bawaslu Gegara Singgung Tanah Prabowo 340 Ribu Hektare

"Kami telah melaporkan capres 01 dalam hal ini Pak Jokowi terkait dengan apa yang telah beliau sampaikan semalam pada debat capres kedua di Hotel Sultan Jakarta, bahwa yang beliau sampaikan lebih kepada menyerang pribadi, kepada fitnah," kata Djamaludin Koedoebon pada Senin, 18 Februari 2019.

TAIB melaporkan Jokowi melanggar Pasal 280 huruf c UU Pemilu. Pasal itu mengatur kandidat, tim sukses, maupun penyelenggara pemilu dilarang menghina SARA dan peserta pemilu.

Menanggapi laporan itu, Jokowi mengaku heran. Dia pun menilai lebih baik tidak usah debat jika pada akhirnya dia dilaporkan.

"Ya debat yang lalu saya dilaporkan. Kalau debat dilaporin, enggak usah debat saja. Debat kok dilaporkan, kok gimana?" kata Jokowi dikutip dari CNN Indonesia.

Jokowi soal debat pilpres dilaporkan

Menurut Jokowi yang saat itu menjadi petahana, Debat Pilpres turut dihadiri Ketua KPU dan Ketua Bawaslu. Keduanya pun tidak memberikan peringatan usai dirinya melontarkan data tanah Prabowo.

"Kan sudah ada Ketua KPU dan Komisioner bawaslu di situ, ya kalau kira-kira enggak anu pasti dibisikin. Ndak kok," ujarnya.

Baca juga
Anies Baswedan Tak Akan Laporkan Prabowo ke Bawaslu Soal Umpatan Goblok

Dalam debat, Jokowi menyindir kepemilikan ratusan ribu hektare lahan oleh Prabowo di Aceh Tengah dan Kalimantan Timur.

"Rakyat Indonesia yang saya cintai, pembagian yang tadi saya sampaikan, pembagian yang hampir 2,6 juta itu adalah agar produktif. Dan sekali lagi kita tidak memberikan kepada yang gede-gede," kata Jokowi.

"Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektare. Juga di Aceh Tengah 120 ribu hektare," ujar Jokowi.

Pada Pilpres 2019, Jokowi berpasangan dengan Ma'ruf Amin berhadapan dengan Prabowo Subianto yang pasangan dengan Sandiaga Uno. Jokowi akhirnya memenangi Pilpres 2019. Dia kemudian menggandeng Prabowo dan Sandiaga sebagai menterinya.


Anies Dilaporkan ke Bawaslu >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait