Sanksi WADA Dicabut, Atlet Indonesia Bisa Kibarkan Merah Putih Lagi

  • Arry
  • 4 Feb 2022 20:20
Suporter Timnas Indonesia(humas/pssi.org)

Kabar gembira datang dari dunia olahraga. Indonesia resmi terbebas dari sanksi Badan Antidoping Dunia atau WADA. Dengan putusan ini, bendera Merah Putih kini bisa dikibarkan lagi di semua ajang olahraga dunia.

Pencabutan sanksi untuk Indonesia ini dilakukan dalam pemungutan suara dalam sidang WADA yang digelar Jumat, 4 Februari 2022.

"Badan Anti-Doping Dunia (WADA) telah menghapus, dengan segera, Organisasi Anti-Doping Nasional (NADO) Indonesia dan Thailand dari daftar Penandatangan yang tidak sesuai dengan Kode (Kode) Anti-Doping Dunia," bunyi pernyataan WADA.

Baca Juga
Disanksi WADA, RI Tak Boleh Gelar Turnamen dan Kibarkan Merah Putih

WADA menilai badan antidoping Indonesia dan Thailand telah memenuhi kewajiban dalam menerapkan program pengujian doping yang efektif.

Dengan demikian, WADA menilai Indonesia dan Thailand dicoret dari daftar negara yang dianggap tidak patuh. Saat ini tinggal dua negara saja yang masih mendapatkan sanksi dari WADA yakni Korea Utara dan Rusia.

Baca Juga
Merah Putih Diganti Bendera PBSI di Thomas Cup, Taufik Hidayat Sentil Menpora

Sanksi WADA ini diterima Indonesia pada September 2021. Akibat dari sanksi itu, Merah Putih dilarang berkibar dalam beberapa turnamen internasional.

Salah satunya adalah Indonesia tidak dapat mengibarkan Merah Putih saat Tim Thomas Cup Indonesia menjadi juara turnamen bulutangkis beregu pria itu.

Selain itu, Merah Putih juga tidak berkibar saat Timnas sepakbola Indonesia mengikuti turnamen Piala AFF 2020.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait