PSSI Klaim Indonesia Bungkam Kuwait Berkat Iwan Bule, STY: Kerja Keras Pemain

  • Arry
  • 10 Jun 2022 09:45
Skuat Timnas Indonesia(@pssi/twitter)

Kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait di laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 membuat heboh. Sebab, ini kemenangan perdana skuat Garuda dalam 42 tahun untuk kembali mengalahkan Kuwait.

Kemenangan Indonesia itu penuuh dengan perjuangan. Sempat tertinggal 0-1, namun Rachmat Irianto dan kawan-kawan mampu memutarbalikkan keadaan dan berbalik unggul 2-1 atas Kuwait.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia menempati posisi kedua di Grup A dengan raihan tiga angka. Mereka hanya kalah selisih gol dari Yordania yang berada di puncak klasemen.

Baca juga
Indonesia Menang Dramatis Atas Kuwait, Rachmat Irianto Terbaik

Kemenangan ini pun dimaknai lain oleh PSSI. Federasi sepakbola Indonesia itu justru mengapresiasi Ketua Umum PSSI, M Iriawan alias Iwan Bule.

    Kualifikasi Piala Asia 2023: Kuwait vs Indonesia 1-2, Rachmat Irianto (tengah) menjadi bintang di balik kemenangan dramatis Indonesia

"Pertanyaan menarik bagi kita hari ini adalah: Siapa tokoh utama dibalik kemenangan hebat Indonesia (2-1) atas Kuwait? Jawabannya jelas: Iwan Bule..! Sejak memimpin PSSI pada 2 November 2019, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, menorehkan prestasi cemerlang," tulis keterangan PSSI di situs resminya, dikutip Jumat, 10 Juni 2022.

"Di masa kepemimpinannya selama dua tahun tujuh bulan, Indonesia sudah dua kali mencapai final level tertinggi Asia Tenggara. Yakni final SEA-Games 2019 dan final Piala AFF 2021. Lalu semifinal SEA-Games 2022."

Cuitan Ketum PSSI Iwan Bule soal kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait

"Capaian ini sama dengan prestasi timnas Garuda kurun waktu 18 tahun (1991-2009). Bahkan rentang waktu 29 tahun karena hanya selisih satu capaian final SEA-Games (2011 dan 2013 dan kelolosan ke Piala Asia). Artinya itu capaian tiga Ketum PSSI (1991-2009) atau enam Ketum PSSI (1991-2019). Iwan Bule melakukan banyak terobosan penting," lanjutnya.

Baca juga
Timnas Indonesia Pecahkan Rekor 42 Tahun Usai Bungkam Kuwait 2-1

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong justru berbeda pendapat dengan Iwan Bule. Menurutnya, kemenangan skuat Garuda ditentukan dari kerja keras seluruh tim.

"Kemenangan atas Kuwait ini berkat kerja keras seluruh tim. Terima kasih semuanya," tulis Shin Tae Yong di akun Instagram pribadinya.

Perjuangan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia masih berlanjut. Di pertandingan kedua, Indonesia akan berhadapan dengan Jordania pada 12 Juni 2022.

Jika meraih kemenangan, Timnas Indonesia akan dipastikan berlaga di ajang Piala Asia 2023 mendatang.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait