BMKG Ungkap 3 Lokasi Ini jadi Tempat Terpanas di Indonesia, Segini Suhunya

  • Arry
  • 13 Mei 2022 20:31
Cuaca panas terik matahari(ist/ist)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika alias BMKG mencatat tiga tempat di Indonesia ini menjadi lokasi terpanas dalam waktu satu pekan terakhir.

Tiga wilayah itu adalah Surabaya, Jawa Timur; Ciputat, Tangerang Selatan; dan Kota Bekasi, Jawa Barat. Dari data BMKG, tiga tempat ini mencatatkan suhu maksimum harian tertinggi hingga 36,4 derajat Celcius.

"Sepekan terakhir hingga 13 Mei 2022 suhu maksimum tertinggi terukur alat BMKG terjadi di Surabaya: 36,4 C," kata Kabid Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saefudin, Jumat, 13 Mei 2022.

Sementara itu, suhu di Ciputat dan Bekasi juga tercatat mencapai angka 36 derajat Celcius.

Baca juga
Cuaca Terik Sepekan, Indonesia Diterjang Gelombang Panas? Ini Jawaban BMKG

"Di wilayah Ciputat dan sekitarnya yang diukur dari BMKG dan Geofisika II antara periode 1-13 Mei 2022 menunjukkan nilai yang berkisar antara 33,8-36 derajat Celcius," jelasnya.

"Demikian juga di Bekasi, terukur suhu kisarannya 34-36 derajat C, suhu hingga 36 derajat C di Bekasi terukur pada 8 Mei," ujarnya.

Miming menelaskan, suhu panas ini disebabkan sejumlah faktor.

"Dipengaruhi oleh posisi lintang, topografi, jarak dari lautan, sirkulasi udara, dan faktor lokal, seperti tutupan lahan. Banyak tidaknya pepohonan atau dominasi pembangunan perkotaan," sambungnya.

Miming pun memperingatkan, suhu panas di Indonesia akan terus terjadi sepanjang Mei 2022. "Sehingga prediksi yang saat ini kemungkinan di Mei masih perlu diwaspadai," jelas Miming.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait