5 Manfaat Makan Pakai Tangan

  • Arry
  • 13 Agustus 2022 14:35
Ilustrasi makan pakai tangan(ist/ist)

Makan tanpa menggunakan sendok maupun garpu menjadi salah satu ciri dari orang Indonesia. Makan dengan tangan langsung ini disebut lebih nikmat dibanding pakai sendok atau garpu.

Selain lebih nikmat, ternyata makan dengan tangan langsung itu memiliki banyak manfaat. Melansir Firstcry Parenting, berikut lima manfaat makan dengan tangan secara langsung:

  1. Makan lebih nikmat
    Makan dengan tangan secara langsung akan membuat makanan jauh lebih nikmat. Hal ini lantaran tangan kita merasakan langsung tekstur dan aroma dari makanan tersebut. Hal ini membuat saraf yang ada di jari tangan langsung memberikan sinyal ke otak akan kenikmatan makanan.

  2. Meningkatkan pencernaan
    Selain itu, manfaat makan pakai tangan langsung adalah akan mempercepat sistem pencernaan. Sebab, saat ujung jari menyentuh makanan, maka akan langsung mengirimkan sinyal di otak dan dilanjutkan ke perut agar mempersiapkan enzim dan cairan pencernaan dengan kadar yang tepat.

  3. Melibatkan semua indera
    Dengan menyentuh makanan secara langsung, maka akan meningkatkan rangsangan pada indera lainnya. Tak hanya indra pengecap pada lidah, tapi juga indra peraba di kulit dan sebagainya. Hal inilah yang membuat makanan jadi lebih terasa nikmat saat makan tidak menggunakan sendok.

  4. Meningkatkan sirkulasi darah
    Dengan makan menggunakan tangan dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darrah. Sebab, pergerakan yang dibutuhkan saat makan dengan tangan menjadi lebih banyak daripada saat menggunakan peralatan.

  5. Sumber bakteri yang baik
    Bakteri baik yang menghuni tangan kita akan membantu dalam perlindungan tubuh dan melawan bakteri jahat di tubuh. Namun, jangan lupa, sebelum makan harus mencuci tangan terlebih dahulu.

Demikian manfaat dari makan dengan tangan secara langsung.

 

Artikel lainnya

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan