3 Doa Setelah Sholat Dhuha Agar Segala Urusan Dimudahkan

  • Arry
  • 23 Jun 2022 06:30
Ilustrasi berdoa(freepik/freepik)

Salah satu sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan setiap hari adalah sholat dhuha. Sholat ini dikerjakan pada pagi hari hingga jelang masuk waktu dhuhur.

Salah satu manfaat sholat dhuha adalah agar dilancarkan rezekinya oleh Allah SWT.

Untuk itu, usai sholat dhuha, dianjurkan untuk membaca doa-doa. Banyak doa yang bisa dipanjatkan. Namun, berikut 3 doa usai sholat dhuha yang bisa diamalkan:

Doa setelah sholat Dhuha yang umum dibaca

Dalam al Targhib wa al Tarhib karya Al Mundziri, doa setelah sholat dhuha yang biasa dibaca:

Allahumma innadh dhuhaa'a dhuhaa'uka wal bahaa'a bahaa'uka wal jamaala jamaaluka wa quwwata quwwatuka wal qudrata qudratuka wal 'ishmata 'ishmatuka. Allahumma in kaana rizqii fis samaa 'i fa anzilhu wain kaana fil ardhi fa akhrijhu wa in kaana mu'siran fa yassirhu wain kaana haraaman fa thahhrihu wa in kaana ba'iidan fa qarribhu bihaqqi dhuhaa 'ika wa bahaa 'ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika aatinii maa aataita bihi 'ibaadakash shaalihiin.

Artinya:
"Ya Allah, sesunguhnya dhuha ini adalah dhuha-Mu, semua keagungan adalah keagungan-Mu, semua keindahan adalah keindahan-Mu, semua perlindungan adalah perlindungan-Mu, dan semua kekuatan adalah kekuatan-Mu. Ya Allah, jika rezeki hambaMu ini ada di langit, turunkan lah, jika (tertanam) di dalam bumi, keluarkan lah, jika rezeki itu sulit dirahi, mudahkan lah, jika haram, sucikanlah, dan jika masih jauh, dekatkanlah dengan kebenaran Dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, dan kekuatan-Mu. Dan karuniakan lah kepada hamba-Mu ini (rezeki) yang telah Engkau anugerahkan kepada hamba-hambaMu yang saleh."

Baca juga
Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu, Wajib Diketahui Umat Muslim


Doa setelah sholat Dhuha riwayat Imam Nasa’i

Dalam riwayat An Nasa'i dari Aisyah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

Rasulullah SAW telah sholat dhuha, kemudian beliau bersabda (dengan doa):

Allahummaghfirli wa tub 'alayya innaka antat tawwabur rohimu.

Artinya: “ Ya Allah, ampunilah aku dan maafkan lah aku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Tobat dan Maha Pengampun).”

Doa ini dibaca Nabi Muhammad SAW hingga seratus kali.

Baca juga
Arti Syafakallah, Syafakillah, Syafahallah, Apa Bedanya?


Doa Setelah Sholat Dhuha untuk Minta Ampun

Berikut bacaan doa setelah sholat Dhuha untuk memohon ampunan:

Allahumma lakal hamdu, ashbahtu 'abdaka 'ala ahdika wa wa'dika kholaqtani wa lam aku syaia, astaghfiruka lidini fa innahu qod arhaqotni dzunubi wa ahathot bi illa taghfirha faghfirha ya arhamar rahimin.

Artinya:
"Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Aku memasuki waktu pagi sebagai hamba-Mu untuk memenuhi janji-janji-Mu. Engkau menciptakan aku sementara aku bukan apa-apa. Aku memohon ampunan kepada-Mu untuk agamaku, sesungguhnya dosa-dosaku telah membebaniku dan telah meliputiku kecuali Engkau memaafkannya, maka maafkanlah wahai Dzat paling penyayang di antara para penyayang."


Demikian tiga doa setelah sholat Dhuha yang bisa dibaca agar dilancarkan segala rezeki dan urusan di duna.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait