8 Tips Turunkan Berat Badan Tanpa Harus Diet yang Menyiksa

  • Arry
  • 28 Jun 2022 12:09
Ilustrasi menurunkan berat badan(@yunmai/unsplash)

Memiliki tubuh yang ideal merupakan impian setiap orang. Banyak cara dilakukan untuk memiliki bentuk tubuh dan dan berat yang ideal.

Cara yang biasa untuk menurunkan berat badan misalnya mulai dari melakukan diet ketat. Namun, cara ini ternyata sungguh menyiksa dan bisa menimbulkan stres.

Ternyata ada cara lain yang lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Tidak perlu melakukan diet ketat yang menyiksa.

Dikutp dari halodoc, berikut 8 tips menurunkan berat badan tanpa diet:

  1. Jangan Melewatkan Sarapan
    Kamu perlu mengetahui jika mengurangi berat badan dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah kalori makanan, bukan jumlah makanan itu sendiri. Jadi, melewatkan waktu sarapan sangat tidak disarankan. Sarapan juga bermanfaat untuk mengerem nafsu makan saat makan siang.
  2. Cukupi Kebutuhan Air Putih
    Mencukupi kebutuhan air putih dapat menekan rasa lapar. Hal tersebut dikarenakan perut sudah terisi dengan air, sehingga lebih cepat merasa kenyang. Cara yang satu ini dapat menjadi tips menurunkan berat badan tanpa diet ketat.
  3. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat
    Selain mencukupi kebutuhan air putih, kamu juga perlu memperbanyak konsumsi makanan berserat agar tidak cepat merasa lapar. Makanan jenis ini akan membuat perut lebih cepat kenyang, tetapi tidak membuat cepat lapar. Hal tersebut secara tidak langsung akan membuat porsi makan berkurang. Kamu bisa mendapatkan kandungan tinggi serat di dalam sayuran, buah, kacang, oat, konyaku, dan biji-bijian.
  4. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang
    Jika kamu senang mengonsumsi camilan, sebaiknya ganti camilan kesukaan dengan makanan sehat bergizi seimbang. Jika sebelumnya menyukai cake, biskuit, keripik, dan makanan manis sebagai camilan, sebaiknya ganti dengan kacang-kacangan, buah-buahan, granola, atau makanan bergizi lainnya.
  5. Konsumsi Makanan Tinggi Protein
    Protein menjadi kandungan yang memiliki peran dalam pembentukan otot dan pembakaran lemak. Berbagai makanan yang menjadi sumber protein, yaitu daging ayam, daging sapi, susu, telur, keju, alpukat, tempe, tahu, kacang almond, kacang mete, dan lain-lain.
  6. Aktif Bergerak
    Aktif bergerak menjadi tips menurunkan berat badan tanpa diet ketat selanjutnya. Jika tubuh aktif bergerak, maka semakin banyak energi yang dikeluarkan. Hal tersebut membuat pembakaran lemak dalam tubuh lebih maksimal.
  7. Cukupi Kebutuhan Tidur
    Faktanya, seseorang yang kekurangan waktu tidur berisiko mengalami kenaikan berat badan. Hal tersebut dikarenakan, hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat saat tubuh tetap terjaga di malam hari. Hormon ini menghasilkan lemak yang membuat seseorang sulit menurunkan berat badan. Disarankan untuk tidur selama 7–9 jam setiap malam.
  8. Jangan Makan Malam
    Tips menurunkan berat badan tanpa diet yang terakhir dapat dilakukan dengan tidak mengonsumsi makanan di atas jam 7 malam. Hal tersebut dikarenakan, tubuh mengalami perlambatan dalam mencerna makanan. Makanan yang seharusnya diubah menjadi energi, justru ditimbun di dalam tubuh menjadi lemak. Jika lapar saat malam, sebaiknya konsumsi buah-buahan saja.


Demikian tips menurunkan berat badan tanpa harus diet yang ketat. Namun, jika ingin lebih cepat menurunkan berat badan, bisa konsultasi langsung dengan dokter.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait