Jangan Lupa Perbanyak Doa Sapu Jagad di Akhir Hari Tasyrik Idul Adha, Ini Bacaaannya

  • Arry
  • 13 Jul 2022 14:07
Ilustrasi berdoa(freepik/freepik)

Hari tasyrik adalah sebutan untuk 3 hari setelah Hari Raya Idul Adha, atau bertepatan pada 11, 12, dan 13 Dzulhijjah atau terakhir pada 13 Juli 2022. Saat hari Tasyrik ini, umat Muslim diimbau untuk memperbanyak bacaan doa sapu jagad.

Nabi Muhammad SAW menyatakan, hari tasyrik adalah hari yang memiliki kemuliaan di sisi Allah SWT.

“Sesungguhnya hari yang paling mulia di sisi Allah Tabaroka wa Ta’ala adalah hari Idul Adha dan yaumul qarr (hari tasyriq).” Hadis ini diriwayatkan Abu Daud yang dishahihkan oleh Al-Albani.

Karena itu, Rasulullah melarang umatnya berpuasa saat hari tasyrik. Rasulullah juga menyarankan agar memperbanyak dzikir kepada Allah saat hari tasyrik.

Salah satu doa yang bisa dipanjatkan adalah doa sapu jagat. Sebab, doa ini sangat ampuh dan memiliki keutamaan yang menakjubkan.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 200-201 yang artinya:

“Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berdzikirlah (dengan menyebut) Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: ‘Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia’, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. Dan di antara mereka ada orang yang berdoa:

Rabbana aatina fid-dunya hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qina ‘adzaban naar’. [Artinya: Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka].”

Salah satu hadis yakni menyatakan:

“Doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “ Allahumma Rabbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzaban naar” (Ya Allah, Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka)” (HR. Bukhari dan Muslim)


Keutamaan doa sapu jagat:

  • Doa sapu jagat adalah doa yang mencakup semua kebaikan dunia dan memalingkan semua keburukan.
  • Mendapat kebaikan akhirat yaitu masuk surganya Allah.
  • Termasuk doa yang paling sering dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW.
  • Doa sapu jagat merupakan harapan untuk selalu berada pada jalan keselamatan.
  • Menurut hadis riwayat Imam Muslim dari Anas bin Malik, doa sapu jagat dipercaya sebagai doa yang bisa menyembuhkan penyakit.

Demikian bacaan doa sapu jagat dan keutamaan membaca doa sapu jagat di hari tasyrik Idul Adha. Semoga bermanfaat.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait