5 Cara Mengolah Daging Sapi Cepat Empuk Tanpa Gunakan Presto dan Hemat Gas

  • Arry
  • 23 Agt 2022 11:42
Ilustrasi daging sapi(Cindie Hansen/unsplash)

Daging sapi adalah salah satu bahan makanan yang digemari masyarakat di Indonesia. Daging sapi bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat.

Namun, salah satu masalah yang kerap dihadapi saat memasak daging sapi adalah teksturnya yang masih alot. Padahal sudah direbus dalam waktu yang cukup lama.

Bagaimana cara mengolah daging sapi agar cepat empuk?

Mengolah daging sapi agar cepat empuk dapat dilakukan dengan berbagai cara. Jika tidak memiliki panci presto, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami.

Melansir dari laman Maggi, berikut 5 cara mengolah daging sapi agar cepat empuk tanpa menggunakan presto:

1. Bungkus dengan Daun Pepaya

Cara pertama mengolah daging sapi agar cepat empuk adalah membungkusnya dengan daun pepaya. Daun pepaya disebut memiliki kandungan enzim alami yang berfungsi memecah protein dalam daging.

Caranya, bersihkan terlebih dahulu daun pepaya dan keringkan. Kemudian bungkus daging tersebut dengan daun pepaya yang sudah dibersihkan itu.

Usahakan setiap bagian daging terbungkus dengan baik dan diamkan selama sekitar 1 jam. Setelah itu, daging siap diolah.

Baca juga
Masih Ada Daging Kurban, Ini 5 Resep Sop Daging Sapi yang Lezat dan Mudah Dibuat


2. Lumuri dengan Jus Nanas

Cara kedua adalah bisa dilakukan dengan melumuri daging dengan nanas yang sudah dihaluskan. Caranya, lumuri daging merah dengan nanas yang sudah dihaluskan atau dijus. Kemudian diamkan daging tersebut sekitar 30 menit.

Pastikan proses marinasi hanya berlangsung selama 30 menit. Hal ini agar tekstur dan rasa daging tidak berubah.

Baca juga
Resep Sate Maranggi Ala Purwakarta, Sajian Nikmat Saat Idul Adha


3. Diamkan Daging pada Suhu Ruangan

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah mendiamkan daging merah pada suhu ruangan. Cara ini bisa dipilih jika tidak memiliki daun pepaya atau buah nanas.

Caranya, jika daging disimpan dalam freezer, keluarkan daging tersebut dan simpan di rak bawah dalam wadah tertutup. Setelah itu, sekitar 30 menit atau 1 jam sebelum memasak, keluarkan daging tersebut dari kulkas dan usahakan tetap dalam wadah tertutup.

Mendiamkan daging merah di suhu ruangan membantu suhu dagingnya turun secara perlahan dan stabil, sehingga teksturnya lebih empuk secara merata.

Sambil menunggu daging merah lebih empuk, Anda bisa menyiapkan bahan masakan lainnya.


4. Potong Serat Daging Berlawanan

Cara mengolah lainnya adalah dengan memotong daging berlawanan arah dengan seratnya. Tujuannya untuk membuat serat lebih pendek, sehingga daging bisa lebih cepat empuk saat dimasak dan tidak alot saat dimakan.


5. Potong Daging Kecil-kecil

Cara lainnya adalah memasak daging dengan cara yang berbeda. Misalnya dengan dipotong kecil-kecil. Hal ini membuat daging akan lebih cepat empuk.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait