Doa Asmaul Husna dan Keutamaan Membacanya

  • Arry
  • 22 Agt 2022 05:52
Ilustrasi berdoa(freepik/freepik)

Asmaul Husna merupakan nama-nama indah yang dimiliki Allah SWT. Nama-nama indah ini tersebar di ayat-ayat suci Al-Qur'an.

Melansir laman NU Online, setiap muslim dianjurkan membaca doa asmaul husna. Manfaatnya akan diberi rahmat dan dijauhkan dari segala keburukan.

Syekh Shâlih al-Ja’fari mengatakan:

"Orang yang berdoa dengan Asma’ul Husna maka telah meminta kebaikan seluruhnya, dan membuat pencegahan di antara dirinya dan keburukan seluruhnya. Jadi apabila engkau menyebut ar-Rahmân ar-Rahîm, maka kamu telah meminta rahmat, dan jika kamu menyebut al-Lathîf maka kamu telah meminta kelembutan, dan seterusnya.” (Muhammad bin Alwi al-Aidarus, Khawwâsh Asmâ' ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, Dar el-Kutub, Shan’a, Cet. Ke-3 2011, Hal. 16).

Doa Asmaul Husna ini dapat dibaca sesudah sholat wajib atau sunnah. Berikut doa asmaul husna dan artinya:

Bismillahi bada’na-Wal khamdu lirabbina, wash sholatu wassalaam-linnabii khabiibina, Ya Allah yaa Robbanaa-Anta Mawshuudunna, Ridhoka math luubunaa-Du yaana wa uhraanaa.

Artinya:

“Dengan nama Allah, kami memulai (membaca). Segala puji bagi Tuhan kami. Selawat dan salam untuk Nabi kekasih kami. Ya Allah ya Tuhan kami. Engkau Tujuan kami, RidhaMu yang kami cari. Di dunia dan akhirat kami”

Doa Penutup Asmaul Husna

Bi 'asmaa 'ikal khusnaa - Ighfir lanaa dhunuubanaa, Waliwalidiinaa - Wa dhurriyaa tinaa, Kaffir 'an sayyi'a tinaa - Waastur 'alaa 'uyuu binaa, Waajbur 'alaa nuq shoo ninaa - Waarfa' darojaa tinaa, Wa zidnaa 'ilmaannaa fi'aan - Warizqon Waasi'aan, Khalaalan thoyyiban - Wa'amalan sholikhaan, Wanawwir quluu banaa - Wayassir umuu ronaa, Wa shokhi' ajsaa danaa - Daaa'ima khayaatinaa, ilal khoiri qorribnaa - 'Anisy syarri baa'idnaa, Waalqurbaa rojaaa ‘una - Akhiiroon nilnalmunaa, Balligh maqooshidanaa- - Waqdhi khawaa 'ijanaa, Walkhamdu li'ilaahinaa - Alladhii hadaanaa, Sholli wasalim 'alaa - Thoohaa kholiilir rokhmaan, Wa 'aa lihii washokhbihii - 'Ilaa aakhirizzamaan.

Artinya:

"Dengan asma ul khusna, ampunilah dosa kami, dosa kedua orang tua kami, dan keturunan kami. Hapuskanlah kejelekan kami - dan tutuplah cacat kami. Tambahlah kekurangan kami, naikkanlah derajat kami. Tambahilah kami ilmu yang bermanfaat, rezki yang luas, halal dan bagus, dan amalan yang saleh. Terangkanlah hati kami, mudahkanlah urusan kami, dan sehatkanlah badan kami. Selama hidup kami, dekatkanlah kebaikan kepada kami, jauhkanlah kami dari kejelekan. Dekatlah pada Allah harapan kami, akhirnya kami memperoleh kenikmatan, sampaikanlah maksud-maksud kami. Penuhilah hajat-hajat kebutuhan kami, segala puji untuk Tuhan kami yang telah menunjukkan kepada kami. Semoga Allah memberikan rahmat dan keselamatan. Atas thoha/nabi Muhammad menjadi kekasih. dan keluarganya dan sahabatnya - sampai akhir masa."


Keutamaan Membaca Doa Asmaul Husna

Melansir laman NU Online, berikut ini keutamaan membaca doa asmaul husna:

  • Mendapat kebaikan dan perlindungan dari berbagai keburukan yang dapat menimpa.
  • Mendapatkan manfaat kebaikan dan kemuliaan dari sifat-sifat Asmaul Husna yang disebutkan.
  • Menambah amalan kebaikan yang bia menjadi kunci keberkahan.
  • Dimudahkan dalam urusan dunia, agama, dan akhirat.
  • Dimudahkan segala kesulitan.
  • Dimudahkan untuk keluar dari masalah utang.
  • Mendapatkan pertolongan dari Allah.
  • Mendapatkan perlindungan dari berbagai hal yang zalim.
  • Mendapatkan keterangan hati dan dilindungi dari kegelapan hati.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait