Bacaan Doa Setelah Adzan, Lengkap dengan Artinya

  • Arry
  • 27 Jul 2022 06:26
Ilustrasi berdoa(freepik/freepik)

Adzan adalah tanda masuknya waktu sholat. Setelah mendengar adzan, sebaiknya kita berdoa agar mendapatkan pahala berlimpah.

Doa setelah azan adalah doa yang paling mustajab. Hal ini seperti pada sebuah hadist:

"Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqomah, maka berdoalah (kala itu)", (HR Ahmad).

Selain itu, dalam hadits yang diriwayatkan Jabir bin Abdillah, menyebutkan, mereka yang membaca doa setelah adzan akan memperoleh syafaat Nabi SAW di hari kiamat.

"Barangsiapa yang berdoa setelah mendengar adzan, "Ya Allah, Rabb Pemilik seruan yang sempurna ini dan Pemilik shalat yang akan didirikan ini, berikanlah wasilah dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkanlah ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana Engkau telah janjikan", maka ia berhak mendapatkan syafaatku pada hari kiamat", (HR Bukhari).

Baca juga
Bacaan Lengkap Doa Qunut Beserta Artinya, Lengkap Penjelasannya

Berikut ini adalah bacaan doa setelah adzan:

"Allahumma rabba haadzihid da'watit taammah. Wash shalaatil qaa-imah. Aati muhammadal wasiilata wal fadhiilah, wab'atshu maqoomam mahmuudal ladzii wa'adtahu innaka la tukhliful mi'ad".

Artinya: "Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan ini, yang sempurna dan memiliki salat yang didirikan. Berilah Nabi Muhammad wasilah dan keutamaan, serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan angkatlah ia ke tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau telah janjikan".

Baca juga
3 Doa Setelah Sholat Dhuha Agar Segala Urusan Dimudahkan

Untuk sholat Maghrib, doa setelah adzan dapat ditambahkan dengan bacaan:

"Allahumma hadza iqbalu lailika wa idbaru naharika wa ashwatu du'aika faghfir lii."

Artinya: "Ya Allah, ini telah menjelang malamMu, dan telah berlalu siangMu, telah diserukan seruanMu, maka ampunilah aku".

Selain berdoa setelah adzan, disunahkan pula agar membaca sholawat. Dalam haditsnya, Rasulullah SAW menjelaskan tiga hal untuk para umatnya, yaitu:

"Jika kalian mendengarkan muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Kemudian bershalawatlah untukku, karena siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah SWT akan bershalawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah SWT untukku, karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya diperuntukkan bagi hamba Allah SWT, aku berharap akulah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafaatku", (HR Muslim).

Baca juga
Doa Sebelum Belajar di Sekolah Beserta Artinya

Melansir laman NU Online, dalam kitab Asna al-Mathalib karya Imam Zakaria al-Anshary, disebutkan, umat muslim yang mendengarkan azan disunnahkan untuk membaca sholawat. Utamanya adalah sholawat Ibrahimiyyah.

"Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad wa 'ala `ali sayyidina Muhammad kama shallaita 'ala sayyidina Ibrahim, wa 'ala `ali sayyidina Ibrahim, wa barik 'ala sayyidina Muhammad wa 'ala `ali sayyidina Muhammad kama barakta 'ala sayyidina Ibrahim, wa 'ala `ali sayyidina Ibraham, innaKa Hamadun Majadun".

Artinya: "Ya Allah, berilah rahmat pada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, sebagaimana Engkau merahmati Nabi Ibrahim dan keluarganya, serta berkati-lah Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, sebagaimana Engkau berkati-lah Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung".

Demikian bacaan doa setelah adzan lengkap dengan artinya, termasuk bacaan sholawat setelah adzan.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait