Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Diserang Netizen Indonesia

  • Arry
  • 15 Nov 2021 21:40
Produk baru Adidas bermotif wayang kulit yang diklaim berasal dari Malaysia(tangkapan layar/instagram)

Adidas menuai kecaman usai meluncurkan produk terbarunya. Adidas merilis sepatu bertema wayang kulit. Mereka menyebut wayang kulit berasal dari Malaysia.

Produk terbaru ini diumumkan melalui akun Instagram resmi Adidas Singapura pada Rabu, 10 November 2021. Produk yang masuk dalam koleksi City Pack itu dirilis pada 11 November.

"Merayakan warisan budaya Malaysia lewat mata @JAEMYC dalam #UltraBOOST DNA City Pack berikutnya," tulis Adidas.

Baca Juga
Resmi Bercerai, Adidas Jual Reebok Rp35,9 Triliun

"Desainnya berbicara tentang penghormatan kepada Wayang Kulit, bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan "lama-bertemu-baru" pada DNA UltraBOOST," lanjutnya.

Produk baru Adidas sebut Wayang Kulit dari Malaysia

Unggahan Adidas itu pun langsung mengundang reaksi dari netizen Indonesia. Hal ini lantaran UNESCO sudah mengakui wayang kulit sebagai warisan budaya tak benda dari Pulau Jawa, Indonesia. Penetapan ini sudah berlaku sejak 2003.

Baca Juga
Warganet Indonesia Geram Miss World Malaysia Sebut Batik dari Negaranya

"Tidak lagi menaruh hormat pada Adidas," tulis seorang Indonesia.

"Wayang berasal dari Jawa, Indonesia. Bukan Malaysia," tulis lainnya.

"Malaysia beranggapan, banyaknya perantau yang sudah menetap dan mempertunjukan wayang kulit di Malaysia menjadikan wayang kulit sebagai kebudayaan mereka. Klaim Malaysia pun terbantahkan sejak 27 November 2003, dimana Badan PBB UNESCO mengakui bahwa wayang kulit sebagai warisan budaya asli Indonesia," tambah lainnya menjelaskan.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait