Sederet Karya Ainun Najib yang Bikin Presiden Jokowi Kepincut

  • Arry
  • 2 Mar 2022 13:38
Pemuda Nahdlatul Ulama, Ainun Najib(ainunnajib/instagram)

Nama Ainun Najib kembali disinggung Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu di Indonesia itu kembali berharap agak generasi muda Nahdlatul Ulama itu mau kembali ke Indonesia.

Permintaan ini kembali disampaikan Presiden Jokowi saat meresmikan Sea Labs Indonesia yang disiarkan secara virtual, pada Selasa 1 Maret 2022. Dalam acara itu, Jokowi juga meminta talenta teknologi Indonesia lainnya yang berkarier di luar negeri untuk kembali ke Indonesia.

Tiga talenta lainnya adalah Veni Johanna, Chairuni Aulia Nusapati, dan Rangga Garmastewira. Namun, saat sesi bincang-bincang, Jokowi langsung menodong Ainun Najib untuk pulang ke Indonesia.

Baca Juga
Sudah 2 Kali Diminta Jokowi Mudik ke Indonesia, Ainun Najib Minta Syarat Ini

"Ke Mas Ainun, ini saya udah kenal lama sekali. Saya mau tanya, gimana sih agar Chai, Veni, Rangga, dan termasuk Ainun ini mau pulang ke Indonesia?" tanya Jokowi kepada Ainun.

Ainun Najib adalah tokoh muda NU yang dikenal publik sebagai ahli IT. Saat ini Ainun Najib bekerja di IBM Singapura.

Nama Ainun sempat melejit saat Pilpres 2014. Dia bersama teman-temannya menggagas laman Kawalpemilu.org. Web ini pun menjadi acuan dalam Pilpres 2014 selain situs resmi KPU.

Baca Juga
Presiden Jokowi Minta Ainun Najib Pulang ke Indonesia, Siapa Dia?

Selain Kawalpemilu.org, Ainun Najib juga memiliki sejumlah karya. Berikut daftarnya:

1. laporpresiden.org
Ainun Najib sempat menggarap web laporpresiden.org. Web ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat menyampaikan keluhan langsung ke Presiden Jokowi. Namun, untuk memudahkan Jokowi membaca keluhan masyarakat, pihak laporpresiden.org akan menyeleksi pertanyaan atau keluhan yang disampaikan masyarakat.

Baca Juga
Jokowi Pusing Lihat Gaji Ainun Najib di Singapura, Segini Besarannya


2. kawalcovid19.id
Situs web ini dibangun Ainun Najib dua tahun lalu. Seperti halnya laman resmi Covid di covid19.go.id, web kawalcovid19.id ini juga menyajikan sejumlah data informasi seputar Covid-19. Seperti jumlah kasus, data vaksinasi, hingga tips-tips kesehatan.


3. Kawal APBD
Ainun juga menggagas web kawalAPBD.org. Web ini menggunakan skema crowdsourcing. Dalam situs ini masyarakat dapat memelototi langsung APBD Jakarta.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait